Susah Kejar Bali, Pariwisata Malang Ingin Seperti Lombok

No comment 103 views

Berikut artikel Susah Kejar Bali, Pariwisata Malang Ingin seperti Lombok, Semoga bermanfaat

MALANG, KOMPAS.com – Bupati Malang Rendra Kresna mengungkapkan keinginannya bagi mengembangkan destinasi wisata di wilayah yg dipimpinnya itu seperti Lombok, Nusa Tenggara Barat, apalagi pantai-pantai yg ada di kabupaten itu tak kalah indahnya dengan pantai di Bali maupun Lombok.

“Kami ingin mengembangkan dunia pariwisata di Kabupaten Malang ini seperti Lombok yg menjadi daerah tujuan wisata penting buat wisatawan asing. Kalau ingin mengejar Bali, rasanya susah karena Bali telah dikenal ratusan tahun lalu, sedangkan Malang baru dikenal 10 tahun terakhir ini,” kata Rendra di Malang, Jawa Timur, Minggu (24/7/2016).

(BACA: Bupati Malang: Suatu Saat Malang Jadi “Obat Stres” Wisatawan)

Apalagi, lanjut Rendra, Kabupaten Malang menjadi salah sesuatu dari 10 destinasi wisata Nusantara (Nasional). Untuk mewujudkan itu semua, Pemkab Malang menggandeng Indonesia Tourism Development Coorporation (ITDC) dan PT Intelegensia Grahatama (IGT).

Menurut Rendra, bagi menjadi destinasi wisata andalan, Kabupaten Malang telah memiliki konektivitas yg mumpuni, seperti jalur penerbangan yg ditunjang dengan Bandara Abdul Rachman Saleh, jalur darat dapat dengan kereta api dan jalur laut, dapat melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yg jaraknya tak jauh dari Malang.

KOMPAS/LASTI KURNIA Ratusan wisatawan memenuhi tempat pemberangkatan kapal cepat di Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (4/2/2016). Jumlah wisatawan yg berkunjung ke NTB selalu naik tiap tahun seiring diadakannya beragam festival, termasuk Festival Budaya Tambora 2016.

Rendra menyampaikan “grand design” pariwisata tersebut juga telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RJPMD) lima tahunan. Sebagai titik awal, pengembangan pariwisata di Kabupaten Malang mulai dimulai dari Singosari dan selanjutnya meluas ke semua wilayah kabupaten.

(BACA: Pantai Wedi Awu, Surga Selancar Pantai Malang Selatan)

“Harapan kami, dunia pariwisata Kabupaten Malang mulai lebih maju daripada Lombok, khususnya Lombok Utara yg baru selesai dikembangkan ITDC, karena potensi di Kabupaten Malang tidak kalah indah dan menarik, apalagi Kabupaten Malang dapat ditempuh dari jalur mana pun,” urainya.

Di wilayah selatan, menurut Rendra, Kabupaten Malang memiliki sederetan pantai yg indah, dengan akses Jalur Lintas Selatan (JLS) dan Bandara International yg mulai dibangun di Purboyo, Kecamatan Bantur. Sedangkan, di wilayah Timur, terdapat kawasan Bromo-Tengger-Semeru dan didukung kawasan wisata desa di Kecamatan Poncokusumo dan Tumpang.

“Kepariwisataan di Kabupaten Malang tak ada kendala bagi dikembangkan. Kami milik wisata alam, religi, peninggalan sejarah. Paling tak 10 tahun ke depan, pariwisata Kabupaten Malang telah bisa berkembang, minimal sama dengan Lombok,” paparnya.

KOMPAS/DEFRI WERDIONO Warga membersihkan area di sekitar situs Ganesha di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (20/4/2016). Situs masa dahulu yg ada di dekat Sungai Brantas itu tidak jarang dikunjungi orang pada hari libur dan hari-hari tertentu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara menyampaikan ada sejumlah pantai yg telah dibidik buat pengembangan destinasi wisata, namun sebelumnya mulai dipetakan terlebih dulu sesuai potensinya, seperti pantai konservasi, pengembangan mangrove dan produksi ikan.

Ia menyampaikan grand design wisata di Kabupaten Malang nantinya adalah adanya wisata laut mulai dilengkapi dengan restoran yg memanfaatkan perahu layak pakai, dilengkapi dermaga di pantai yg memiliki kedalaman cukup bagi bersandarnya perahu besar.

“Pak bupati (Rendra Kresna) inginnya kalian milik wisata laut yg lengkap. Namun, kendalanya laut itu kan ada di wilayah Perhutani, jadi buat pengembangan harus koordinasi dengan mereka. Kami telah konsultasi dan Perhutani Jatim sangat mendukung,” kata Made Arya Wedanthara.
Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/25/121100927/Susah.Kejar.Bali.Pariwisata.Malang.Ingin.seperti.Lombok
Terima kasih sudah membaca berita Susah Kejar Bali, Pariwisata Malang Ingin seperti Lombok. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Susah Kejar Bali, Pariwisata Malang Ingin Seperti Lombok"