Sungai Musi, Siang Malam Cantik!

No comment 115 views

Berikut artikel Sungai Musi, Siang Malam Cantik!, Semoga bermanfaat

Palembang – Jalan-jalan ke Palembang, Sumsel belum lengkap seandainya belum menikmati Sungai Musi. Baik siang hingga malam, milik pesona yg memanjakan wisatawan.

Sebagai sungai terpanjang di Sumatera, Musi yg membelah Kota Palembang menjadi urat nadi kehidupan. Ada nelayan, jasa angkutan, hingga tempat wisata. Persis seperti sungai Praya di Bangkok.

Sungai Musi membentang sepanjang 750 kilometer. Mata airnya bersumber dari Kepahiang, Bengkulu. Daerah Aliran Sungai-nya terletak di empat provinsi, yakni Sumsel, Jambi, Bengkulu, dan Lampung.

Di atas Sungai Musi berdiri jembatan bernilai historis: Jembatan Ampera. Jembatan ini menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Menurut sejarah, Jembatan Ampera dibangun sejak 1906 tetapi tidak selesai, kemudian diteruskan dengan dana rampasan perang dari Jepang pada tahun 1962 oleh Presiden Sukarno.

Panorama Sungai Musi dari pinggirannya (Afif/detikTravel)Panorama Sungai Musi dari pinggirannya (Afif/detikTravel)

Saat ini, Musi dan Jembatan Ampera sama-sama menjadi ikon Palembang. Rasanya tak lengkap berkunjung ke kota ibu kota Sumsel ini seandainya tak mengunjungi 2 tempat tersebut. Bisa dikerjakan pagi, siang, atau sore. Tergantung kebutuhan.

Nah, kala malam, ada sesuatu tempat istimewa. Orang menyebutnya River Side. Sesuai nama, tempat ini berada di pinggir sungai. Di situ ada 2 restoran apung yg biasa jadi tempat kongkow traveller. Ada juga restoran dan tempat kongkow yang lain yg lebih kecil.

River Sied di Sungai Musi, banyak restoran di pinggiran sungainya (Triono/detikTravel)River Sied di Sungai Musi, banyak restoran di pinggiran sungainya (Triono/detikTravel)

Sehari-hari situasi River Side relatif longgar. Seperti ketika detikTravel berkunjung, Jumat (6/1/2017). Restoran berbentuk kapal telah di-booking, restoran lainnya masih kosong. Beda situasi seandainya weekend. River Side pasti ramai.

Saat malah hari, Jembatan Ampera pun bermandikan cahaya (Afif/detikTravel) Saat malah hari, Jembatan Ampera pun bermandikan cahaya (Afif/detikTravel)

Dari River Side, kami mampu melihat Jembatan Ampera berhias lampu. Sorot lampu kendaraan tidak mengurangi keriuhan. Sementara di bawah jembatan, perahu dan speedboat dengan kerlip lampu kecilnya berlalu lalang.

Di kanan kiri Sungai Musi memang tidak semodern Praya yg penuh dengan bangunan menjulang. Sebab, di Palembang cuma ada permukiman dan tempat wisata yg terbatas. Meski demikian, kedua sungai sama-sama ‘hidup’. Riuh rendah dengan beragam aktivitas.

(aff/aff)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/08/103605/3390401/1519/sungai-musi-siang-malam-cantik
Terima kasih sudah membaca berita Sungai Musi, Siang Malam Cantik!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Sungai Musi, Siang Malam Cantik!"