Sumpah Pemuda, Bendera Merah Putih 71 Meter Dibentangkan Di Bundaran HI

Berikut artikel Sumpah Pemuda, Bendera Merah Putih 71 Meter Dibentangkan di Bundaran HI, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Bendera Merah Putih sepanjang 71 meter dibentangkan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, sekitar pukul 06.30, Minggu (30/10/2016). Kegiatan ini diinisiasi oleh Aksa 7 bagi merayakan momen perayaan Sumpah Pemuda yg jatuh pada tanggal 28 Oktober.

“Ini adalah penutupan boothcamp Aksa 7 ‘Merajut Indonesia’. Kali ini konteksnya beda. Satu-satunya tempat konfigurasi huruf di tengah kota, building center. Secara visual ini memperlihatkan mulai terjadi di tempat-tempat lain. Alam mulai berubah seperti ini. Dari pohon yg hijau-hijau, berubah menjadi gedung-gedung. Ini yang harus dihadapi apakah mau seperti ini atau tidak,” kata inisiator Aksa 7, Anggi Frisca atau akrab disapa Cumit ketika ditemui KompasTravel, Minggu (30/10/2016).

(Baca juga: Aksa 7, Film Pendakian 7 Gunung Tertinggi di Indonesia…)

Setelah bendera merah putih dibentangkan oleh sekitar 200 orang yg terdiri dari warrior (sebutan relawan Aksa 7) dan panitia, lagu Indonesia Raya kemudian dikumandangkan. Warga yg tengah berpartisipasi dalam Car Free Day pun ikut memberi hormat kepada bendera.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Sumpah Pemuda oleh semua warriors dan panitia Aksa 7. 

“Luar biasa terharu dan merinding, campur aduk perasaan. Tidak yakin dari sekedar obrolan mampu menjadi sebesar ini (event Aksa 7). Tak sangka juga partisipasi warrios-nya sangat besar. Semoga ini tidak berhenti di sini,” kata petualang Medina Kamil, yg ikut serta membacakan Sumpah Pemuda di konfigurasi finaL Aksa 7. 

Kompas.com/Silvita Agmasari Bendera RI sepanjang 71 meter dibentangkan oleh warriors Aksa 7 di Bundaran Hi, Jakarta bagi memperingati hati Sumpah Pemuda.

Tak lupa bendera kemudian diarak mengelilingi bundaran HI dan yel-yel Aksa7 dinyanyikan bagi menebar semangat ke masyarakat yg hadir dalam Car Free Day Jakarta pagi itu. 

Aksa 7 adalah kegiatan ekspedisi dalam rangka menyelesaikan film dokumenter sejak November tahun 2014 yg diinisiasi oleh lima laki-laki dan sesuatu perempuan. Semua dikerjakan demi mimpi-mimpi buat memotret Indonesia dari dekat. Di tiap pemberhentian ekspedisi, warrior Aksa 7 mulai membentuk konfigurasi sesuatu huruf dari kata I-N-D-O-N-E-S-I-A.

Enam ekspeditor Aksa 7 adalah Anggi Frisca, Jogie Khrisna Muda Nadeak, Yohanes Christian Pattiasina, Rivan Hanggarai, Wihana Erlangga, dan Teguh Rahmadi. Semua memiliki latar belakang yg sama yakni sinematografer yang berasal Institut Kesenian Jakarta.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/10/30/092540927/sumpah.pemuda.bendera.merah.putih.71.meter.dibentangkan.di.bundaran.hi
Terima kasih sudah membaca berita Sumpah Pemuda, Bendera Merah Putih 71 Meter Dibentangkan di Bundaran HI. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Sumpah Pemuda, Bendera Merah Putih 71 Meter Dibentangkan Di Bundaran HI"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.