Sukabumi Juga Punya ‘Tanah Lot’

No comment 107 views

Berikut artikel Sukabumi Juga Punya ‘Tanah Lot’, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Sukabumi menyimpan banyak pesona pantai. Selain Pantai Pantai Ujung Genteng, juga ada Amanda Ratu yg disebut sebagai ‘Tanah Lot’ Sukabumi.

Trip kali ini aku berkesempatan menjelajah daerah Jawa Barat, dan tujuan aku adalah Pantai Amanda Ratu. Pantai ini letaknya sedikit jauh dari jalan penting sebelum kalian menuju Pantai Ujung Genteng, dan tampaknya pantai ini masih sederetan dengan Pantai Ujung Genteng.

Dari jalan penting masuk ke lokasi pantai ini tak memakan waktu yg lama, cuma saja jalannya terhitung cukup rusak dengan aspal berlubang di sana – sini.

Pantai Amanda Ratu atau  sekarang lebih dikenal dengan ASABA Land yaitu pantai tanpa hamparan pasir putih seperti pantai-pantai kebanyakan. Kita mampu menikmati pantai ini dari atas bukit dengan pemandangan batu karang di bawah dan di tengah laut.

Bayangkan Tanah Lot di Bali, itulah bayangan pantai ini. Pantai ini memang terkenal dengan sebutan ‘Tanah Lot-nya’ Sukabumi.
 
Ya pantai ini cantik, indah dan menawan. Cocok buat beristirahat di akhir pekan. Sebuah pengalaman yg berbeda menikmati pantai dari atas tebing, bukan di hamparan pasir tepi pantai.

Di pinggir tebing disediakan dua tempat duduk dengan payung buat menikmati keindahan pantai, tentunya dengan iringan debur ombak yg menggelegar. Saya membayangkan betapa nikmatnya menyantap pisang goreng ditemani secangkir kopi di ketika senja menjemput malam di pinggir pantai.

Pantai ini cukup sepi pengunjung di hari biasa dan banyak dikunjungi para traveler saat akhir minggu ataupun hari libur besar. Jika traveler bermaksud menginap, ada dua bungalow yg mampu kalian sewa lengkap dengan kolam renangnya.

Karena aku saat tiba ke sini bersama rombongan, kalian menyewa sesuatu bungalow besar buat sekedar beristirahat malam itu. Harga sewa bungalow di sini juga tergolong tak terlalu mahal, cuma saja fasilitas di bungalow kurang memadai. Tetapi hal itu cukup terbayarkan dengan view pemandangan yg mempesona di pagi dan sore hari.

Beberapa catatan yg aku rasa masih kurang di pantai ini, tampak sampah beterbaran dimana-mana. Sepertinya pihak pengelola kurang memperhatikan kebersihan pantai ini. Juga pengunjung pantai yg kurang menjaga kebersihan.

Padahal sayang sekali seandainya pantai secantik ini tercoreng oleh tingkah laku pengunjung yg kurang edukasi dalam membuang sampah. Padahal telah terdapat dua tempat sampah yg disediakan. Perlu adanya kerja sama antara pengunjung dan pengelola tempat wisata dalam menjaga kebersihan

Catatan yg yang lain adalah jalan menuju Pantai Amanda Ratu rusak dan tampaknya tidak terurus. Perlu perbaikan  dan perhatian serius dari PEMDA setempat atau pihak pengelola.

Fasilitas yg yang lain adalah kurangnya tempat makan dan minuman di sini. Hanya terdapat sesuatu tempat makan seadanya, itu pun cuma menjual mie instan dan makanan ringan. Jika traveler tak mau kelaparan, sediakan logistik secukupnya.

Selamat berpiknik. Jangan lupa bahagia!

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/22/105500/3326215/1025/sukabumi-juga-punya-tanah-lot
Terima kasih sudah membaca berita Sukabumi Juga Punya ‘Tanah Lot’. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Sukabumi Juga Punya ‘Tanah Lot’"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.