Sst, Ada Batu Penis Dengan Mitos Unik Di Raja Ampat

No comment 169 views

Berikut artikel Sst, Ada Batu Penis dengan Mitos Unik di Raja Ampat, Semoga bermanfaat

Raja Ampat – Banyak hal yg belum kalian tahu tentang Raja Ampat. Termasuk adanya Batu Kelamin yg bentuknya mirip dengan penis manusia. Yuk, simak kisahnya.

Raja Ampat selain menyimpan pesona keindahan bawah laut, ternyata juga milik aneka destinasi unik di atas daratannya. Menggantung di antara bukit-bukit kapur yg hijau oleh pepohonan, ada Batu Kelamin yg bentuknya persis seperti alat kelamin pria. Ada sepasang pula!

detikTravel menyambangi destinasi Batu Kelamin ini pada Senin (17/10/2016) di sela-sela meliput kegiatan Festival Pesona Raja Ampat 2016. Batu Kelamin memang masuk ke dalam agenda tempat yg hari itu mesti kalian kunjungi, karena keunikan serta cerita yg menyelimutinya.

Lokasi Batu Kelamin ini ada di sekitar Teluk Mayalibit. Diperlukan waktu kurang lebih 1 jam buat menuju ke lokasi ini dari Pelabuhan Pariwisata Waisai. Nakhoda kapal pasti telah paham, bila traveler menyebut ingin pergi melihat Batu Kelamin.

Wisatawan mampu berfoto dengan latar Batu Kelamin dengan berbagai gaya (Wahyu/detikTravel)Wisatawan dapat berfoto dengan latar Batu Kelamin dengan berbagai gaya (Wahyu/detikTravel)

Begitu pula nakhoda kapal kami, yg sedari tadi tersenyum-senyum geli sendiri, begitu kita menyebut ingin diantar melihat Batu Kelamin.

“Batu kelamin tho, sebentar lagi sampai, tidak jauh dari sini,” ujarnya.

Setelah melewati laut dan gugusan pulau-pulau kecil di Teluk Mayalibit, mendadak laju kapal speedboat yg kalian tumpangi melambat. Pemandu kalian yg bernama Marcis Daman, pun segera memperlihatkan 2 buah batu besar yg menggantung di salah sesuatu pulau karang yg tidak berpenghuni.

Jika dilihat-lihat, bentuknya memang mirip seperti penis manusia. Ujung batunya bulat seperti jamur, sementara bagian badannya lonjong, sangat mirip penis. Saat ditanya apakah batu ini memiliki nama lokal dalam bahasa Papua, Pace Marcis tersipu dan enggan menjawabnya.

Ada kepercayaan warga bagi menaruh koin di kepala batu penis agar keinginannya dikabulkan (Wahyu/detikTravel)Ada kepercayaan warga bagi menaruh koin di kepala batu penis agar keinginannya dikabulkan (Wahyu/detikTravel)

“Kalau dalam bahasa lokal, itu sangat kasar, tak sopan. Kami menyebutnya Batu Kelamin saja, atau ada juga yg sebut Batu Kantung,” ujar Marcis malu-malu.

Marcis kemudian bercerita, bahwa Batu Kelamin ini telah ada sejak lama. Mungkin sejak zaman nenek moyang Raja Ampat akan tinggal di sana. Itu berarti umur Batu Kelamin ini mampu jadi telah mencapai ratusan, atau bahkan ribuan tahun.

Marcis juga mengungkapkan bahwa Batu Penis ini sebenarnya milik pasangan, merupakan batu yg bentuknya mirip dengan Miss V Wanita. Tapi letak batu ini ada di bawah, dan cuma mulai nampak ke permukaan bila laut sedang surut.

Jumlahnya pun menurut Marcis cuma sesuatu buah saja, sementara Batu Penisnya ada sepasang. Kalau mau melihat Batu Miss V ini kalian memang harus menyelam agar kelihatan lebih jelas wujudnya seperti apa.

Kepercayaan Warga Setempat

Selain dikenal memiliki bentuk yg unik, Batu Kelamin ini juga milik mitos yg dipercayai oleh warga setempat. Mitos itu, barangsiapa orang yg tiba dan meletakkan uang logam di Batu Kelamin, maka perjalanannya mulai selamat, dan keinginannya dapat dikabulkan.

Traveler tinggal memegang atau menyentuh Batu Kelamin, dahulu meletakkan uang koin di bagian kepala batunya, kemudian berdoa di dalam hati kepada Sang Pencipta. Niscaya permohonan Anda mulai direstui.

Saat kapal yg detikTravel tumpangi mendekat, memang kelihatan dua uang logam yg berkilauan tertimpa sinar matahari yg menempel di bagian kepala Batu Kelamin. Beberapa uang logam masih tertempel dengan baik.

Jika dilihat, ada uang logam Rp 500 warna kuning dan silver, dan ada pula uang logam pecahan Rp 1.000. Tidak ada jumlah pasti yg ditentukan, yg utama uang logam. Namun menurut Marcis, seringnya uang logam ini mulai jatuh ke dasar lautan dan tak mulai ada warga yg berani mengambilnya.

Batu Kelamin dilihat dari dekat (Wahyu/detikTravel)Batu Kelamin dilihat dari dekat (Wahyu/detikTravel)

Marcis menyebut banyak warga yg tinggal di pulau-pulau kecil di sekitar Teluk Mayalibit dan kadang melewati batu ini ketika pergi melaut, kerap mampir bagi meminta izin atau doa restu agar perjalanan mereka dimudahkan.

Beberapa tamu bule yg dibawa Marcis pun penasaran dan ingin melakukan mitos serupa. Tapi kebanyakan dari mereka lebih tertarik bagi melihat Batu Kelamin dari lebih dekat, serta memegangnya.

“Mereka senyum-senyum saja lihat Batu Kelamin ini, tertawa. Kenapa ada batu dapat bentuk seperti ini,” kata Marcis.

Beberapa anggota rombongan kalian pun coba melakukan ‘ritual’ serupa yg diceritakan Marcis. Ritual selesai, saatnya foto-foto beraneka pose dengan latar belakang Batu Kelamin.

Sebenarnya, Batu Kelamin yg berukuran sekitar 3 meter dan berdiameter sekitar 60 cm ini, hanyalah batu stalaktit biasa yg terbentuk akibat proses geologis yg berlangsung selama bertahun-tahun lamanya. Apabila bentuknya menyerupai penis manusia, itu cuma kebetulan semata.

Terlepas dari mitos yg dipercayai warga setempat, Batu Kelamin ini memang unik dan layak traveler kunjungi bila liburan ke Raja Ampat. Kapan lagi mampu ketemu Batu Penis berukuran raksasa kalau bukan di Raja Ampat? (wsw/krn)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/20/075500/3324935/1519/sst-ada-batu-penis-dengan-mitos-unik-di-raja-ampat
Terima kasih sudah membaca berita Sst, Ada Batu Penis dengan Mitos Unik di Raja Ampat. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Sst, Ada Batu Penis Dengan Mitos Unik Di Raja Ampat"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.