Ssst! Rahasia Memukau Di Balik Pantai Pangandaran

No comment 79 views

Berikut artikel Ssst! Rahasia Memukau di Balik Pantai Pangandaran, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Jangan cuma puas mengunjungi Pantainya ketika ke Pangandaran. Datanglah ke Cagar Alam Pananjung dan temukan betapa banyak spot keren di sana.

Berlokasi tidak jauh dari Pantai Pangandaran, kalian pun berjalan kaki saja setelah menikmati pagi di Pangandaran. 15 menit berjalan kita pun datang di gerbang barat cagar alam. Pagi itu tampak akan ramai wisatawan yg ingin menikmati cagar alam. Tiket masuk sebesar Rp 8 ribu per orang pun kita beli.

Memasuki kawasan cagar alam, tidak jauh berjalan kalian pun segera disambut dengan sekawanan monyet monyet liar penghuni cagar alam ini. Mereka cukup tenang dengan kehadiran pengunjung tapi terkadang agresif dengan wisatawan yg membawa makanan dan minuman.

Banyak peringatan bahwa kami dilarang bagi memberi makanan kepada monyet. Hal ini benar adanya karena seandainya kalian memberi makanan mereka, lambat laun mereka mulai ketergantungan dan malas bagi mencari makan sendiri dan otomatis jiwa liar mereka mulai sirna.

10 Menit berjalan kita menemui Gua Jepang. Memang dulunya cagar alam ini digunakan buat persembunyian tentara Jepang dalam peperangan. Peta yg kalian dapatkan di pintu masuk kita jadikan acuan titik titik mana yg mulai kalian kunjungi.

Yang pertama kita ingin mengetahui padang gembala banteng. Sepertinya menarik, kamipun mengambil arah selatan seusai dengan peta. Di tengah jalan kita bertemu dengan sekawanan rusa yg sedang mencari makan. Kamipun mengendap-ngendap layaknya reporter Nat Geo Wild. Menunggu mereka tenang kemudian mengambil gambar narsis. Sungguh pengalaman menarik bertemu dengan rusa di alam liar seperti ini.

Melanjutkan perjalanan kalian pun menembus jalan setapak kecil yg menuju hutan rimbun. Keadaan pun menjadi sepi tanpa kehadiran pengunjung lain. Awalnya kalian sempat ragu, tetapi masa kalian yg bilangnya milik jiwa petualang dihadapkan kondisi seperti telah ciut nyali.

Berjalan dan berjalan, padang penggembalaan pun tidak kalian temui. Peluh pun akan bercucuran tetapi dari kejauhan terdengar sayup sayup debur suara ombak. Kamipun tersadar kalau kita tersesat, tidak apalah lanjutkan langkah lagi, tidak disangka kita menemui pantai pasir putih.

Di sini kita bertemu dengan jernih air laut yg berbaur dengan pasir putih bersih. Sungguh indah pantai ini. Di sini pun terdapat pos penjaga hutan.

Setelah ngobrol dan bertanya jalur bagi menuju Padang gembala banteng, kalian pun kembali ke jalur semula yg menembus hutan. Sesuai dengan arahan sang jagawana kita mengambil arah kanan yg menanjak di atas bukit.

Tak sampai 10 menit kalian menemui padang savana luas yg tersembunyi di balik rimbun pohon. Ini dia surga alam liar di Cagar Alam Pananjung. Rumput hijau tertata rapi bak karpet yg terhampar, aku pun berlarian menikmati suasana ini dan segera merebahkan tubuh di rerumputan. Sekilas padang savana ini miniatur dari Taman Nasional Baluran.

Rusa rusa berlarian di tengah padang savana yg indah ini. Dan di sini bagi pertama kalinya aku melihat burung rangkong terbang dengan bebasnya di alam liar. Tapi sayang momen ini tidak mampu aku abadikan karena keterbatasan Focal Length kamera.

Sungguh pengalaman yg tidak pernah aku lupakan. Duduk di tengah padang savana ditemani rusa berlarian dan kepakan sayap burung rangkong. Tetapi aku tidak menemui batang hidung banteng di sini, mungkin mereka sedang berkelana di dalam hutan.

Cagar Alam Pananjung juga terdapat dua peninggalan sejarah yg cukup menarik bagi kalian jelajahi. Mulai situs Batu Tulis, gua peninggalan Jepang, Gua Rengganis dan masih banyak lagi.

Karena keterbatasan waktu kalian tak dapat sepenuhnya mengeksplore kawasan ini. Sepertinya 1 haripun tidak cukup bagi mengunjungi tempat tempat indah dan rahasia di Cagar Alam Pananjung Pangandaran.

Sedikit cerita dari aku ini mungkin mampu dijadikan referensi sebelum berkunjung ke kawasan wisata Pangandaran. Mari kalian langkahkan kaki bagi kembali menemukan keindahan keindahan di negeri kami tercinta ini. Salam Traveler!

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/16/101200/3253307/1025/ssst-rahasia-memukau-di-balik-pantai-pangandaran
Terima kasih sudah membaca berita Ssst! Rahasia Memukau di Balik Pantai Pangandaran. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ssst! Rahasia Memukau Di Balik Pantai Pangandaran"