Situ Cisanti, Danau Cantik Yang Sedang Sekarat

No comment 74 views

Berikut artikel Situ Cisanti, Danau Cantik Yang Sedang Sekarat, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Mungkin tidak banyak yg tahu, kalau Situ Cisanti di hulu Sungai Citarum tengah sekarat. Hal itu pun dibahas lewat acara Piknik d’Traveler.

Kali ini komunitas detikTravel atau lebih dikenal d’Traveler berkesempatan buat piknik di tengah alam terbuka Situ Cisanti Bandung, Jawa Barat. Acara yg dikerjakan pada sabtu, 17 september 2016 ini berkumpul di lokasi yg terletak di Hotel ibis Budget, Jl Asia Afrika No 128, Bandung.

Setelah melakukan briefing sejenak, para d’Traveler bergegas menuju bus yg disiapkan oleh panitia. Bus perlahan bergerak, Situ Cisanti terletak di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung ini menempuh perjalanan sekitar 2-2,5 jam dari Kota Bandung.
Rute yg dilalui pun cukup berkelok-kelok, tapi jangan takut karena jalan yg dilewati telah bagus dan beraspal.

Di sepanjang perjalanan kita disuguhi pemandangan alam yg indah dan perkebunan sayur di kanan-kiri kami. Setelah menempuh perjalanan yg cukup jauh, tibalah kalian di lokasi Situ Cisanti.

Kami pun disambut oleh pak Dudung dan penggiat pecinta Citarum (Kang Agus, Kang iyan dan Kang Yadi), Situ Cisanti  ini mempunyai luas kurang lebih 5 hektar dan di ketinggian 1.500 Mdpl ini masuk ke dalam wilayah perhutani.

Sambil melepas lelah dan bersantap siang bersama di atas daun pisang yg disebut Botram, Pak Dudung bercerita bahwa Situ Cisanti menghidupi 20 juta jiwa meliputi wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta serta wilayah sekitarnya.

Selain itu beliau juga bercerita tentang perbukitan yg berkeliling Situ Cisanti lalu pernah terjadi perambahan yg dikerjakan oleh masyarakat. Dikarenakan masyarakat ingin mencari mata pencaharian dengan berkebun sayur-mayur dan buah-buahan.

Alhamdulillah lambat laun masyarakat sadar yg dilakukannya adalah salah dan menanam pohon-pohon di tempat yg telah akan kelihatan gundul.

“Keindahan serta kelestarian yg terdapat sekarang pada Situ Cisanti mungkin cuma sekitar 20% saja,” ujar Pak Dudung.

Setelah bersantap siang dan melepas lelah, kita pun siap bagi menjelajahi Situ Cisanti. Mungkin orang lebih mengenal Situ Cisanti dengan Kilometer 0 Citarum dengan ditemani oleh Kang Agus. Selain menjelajah kalian juga mempunyai misi membersihkan sampah sepanjang perjalanan berkeliling Situ Cisanti ini.

Dengan perut yg telah terisi dan tenaga yg berlimpah serta semangat 45, kalian pun menjelajah Situ Cisanti. Menurut Kang Agus, di sini terdapat spot yg cantik bagi berfoto seperti dermaga kayu dan plang besar bertuliskan Kilometer 0 Citarum.

Selain itu terdapat pula petilasan makam Dipati Ukur yg konon katanya yaitu tempat Dipati Ukur bersemedi. Ada juga 7 mata air yg mengalir ke Situ Cisanti.

Sambil menjelajah dan mendengarkan penjelasan dari Kang Agus, benar saja kalian menemukan banyak sampah di sepanjang jalan yg kalian lalui akibat wisatawan yg tak bertanggung jawab. Merusak pemandangan dan keindahan Situ Cisanti.

Merusak alam dengan merambah hutan maupun membuang sampah sembarangan sama dengan membunuh warisan yg mulai kami warisi kepada generasi selanjutnya. Hal ini butuh perhatian dan kesadaran dari kalian segala agar kelestarian alam bisa terjaga dengan baik khususnya pada Situ Cisanti yg yaitu Sumber Penghidupan 20 Juta Manusia yg bergantung kepadanya.

Mari Kita jaga Situ Cisanti dengan sebaik-baiknya, Save Citarum!

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/21/105600/3302657/1025/situ-cisanti-danau-cantik-yang-sedang-sekarat
Terima kasih sudah membaca berita Situ Cisanti, Danau Cantik Yang Sedang Sekarat. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Situ Cisanti, Danau Cantik Yang Sedang Sekarat"