Singapura Punya Taman Dengan Tumbuhan Dari Seluruh Dunia

No comment 93 views

Berikut artikel Singapura Punya Taman dengan Tumbuhan dari Seluruh Dunia, Semoga bermanfaat

Singapura – Singapura milik visi buat menjadi kota ramah lingkungan. Buktinya bisa dilihat di Garden By The Bay yg milik koleksi tumbuhan dari segala dunia.

Segala upaya dikerjakan oleh Singapura bagi membuat negaranya ramah lingkungan. Mulai dari regulasi buat meminimalisir jumlah kendaraan hingga membuat teknologi ramah lingkungan.

Janji itu pun terwujud melalui taman buatan Garden by The Bay yg juga menjadi objek destinasi unggulan. Bukan tanpa alasan, di dalamnya mampu ditemui aneka tumbuhan yg didatangkan dari segala dunia!

Atas undangan dari Singapore Tourism Board, detikTravel pun berkesempatan buat mampir ke Garden by The Bay pada Rabu minggu dahulu (8/6/2016). Saya pun dibuat takjub mulai kehebatan teknologi ramah lingkungan yg dimiliki oleh Singapura.

Jadi, Garden by The Bay yaitu konservatorium dari aneka bunga dan tumbuhan yg ada di dunia. Semua tumbuhan itu pun didatangkan dari semua dunia dan ditumbuh kembangkan di dalam beberapa kubah (dome) yg terbuat dari kaca.

SuperTree di pelataran Garden by The Bay (detikFoto)

Di awal kunjungan, aku disambut oleh SuperTree yg berada di bagian luar Garden by The Bay. Selain menjadi ikon, pohon buatan tersebut juga memiliki fungsi sebagai penyerap energi matahari sekaligus wadah dari sejumlah tumbuhan. Tak sedikit pula traveler yg berfoto di bawahnya.

Namun seandainya ingin melihat koleksi tumbuhan yg ada dalam Garden by The Bay, traveler harus membeli tiket lebih dulu. Harga tiketnya adalah SGD 28 atau sekitar Rp 277 ribu.

Setelah membeli tiket, aku pun dipandu oleh Augustar yg menjadi tuan rumah selama kunjungan di Singapura. Ia pun terlebih lalu mengajak aku buat melihat Flower Dome yg berada di sisi kiri.

“Jadi di Flower Dome ini ada aneka macam bunga dan tumbuhan dari semua dunia. Udaranya sejuk, memang sengaja disetting agar cocok dengan tumbuhan yg ada,” jelas Augustar.

Flower Dome yg menyimpan aneka bunga dan tumbuhan (Randy/detikTravel)

Apa yg dikatakan Augustar pun benar adanya. Ketika aku masuk ke dalam Flower Dome, udara sejuk yg berbeda dengan udara di luar langsung aku rasakan. Terhampar pula aneka bunga dan tumbuhan warna-warni yg tertata rapi, lengkap dengan keterangan dalam bahasa Inggris.

Mayoritas bunga dan tumbuhan yg ada di Flower Dome didatangkan dari berbagai negara, seperti Afrika Selatan, California, Spanyol dan Italia. Uniknya, bunga dan tumbuhan yg ada dapat tumbuh dengan baik dan subur.

Menariknya, tema dari Flower Dome pun rutin diganti. Saat aku berkunjung temanya adalah bunga lili. Jadi tidak heran seandainya aku banyak menemui aneka macam bunga lili. Selain itu, Flower Dome juga dinobatkan sebagai rumah kaca terbesar menurut Guinnes World Records lho!

Air terjun buatan di Cloud Forest (Randy/detikTravel)

Puas berfoto dan melihat bunga di Flower Dome, aku pun lanjut menuju Cloud Forest yg ada di sisi kanan. Sesuai namanya, traveler bisa menemukan aneka tumbuhan dari negara tropis di area ini.

“Kalau di Cloud Forest, Anda dapat melihat aneka tumbuhan dari negara tropis. Nanti juga mampu lihat air terjun buatan di dalamnya,” ujar Augustar.

Sesaat aku masuk ke Cloud Forest, pemandangan air terjun buatan yg tampak jatuh dari atas bukit serta gemericik air pun langsung membasahi kulit. Rasanya tak yakin bahwa sedang berada di dalam rumah kaca!

Air terjun buatan setinggi 35 meter itu memang menjadi highlight dari Cloud Forest. Bahkan kabarnya, air terjun indoor buatan itu yaitu yg tertinggi di dunia. Pepohonan hijau di dalamnya juga semakin menyejukkan suasana.

Pemandangan dari atas Cloud Forest (Randy/detikTravel)

Tapi tak sampai di situ, Anda juga mampu naik ke bagian atas air terjun dan melihat indahnya area Cloud Forest dari ketinggian. Bahkan tersedia juga jalur pejalan kaki yg dibuat di bagian atas Cloud Forest.

Saya pun tak menyianyiakan kesempatan bagi naik dan berfoto dari bagian atas Cloud Forest. Di kejauhan, tampak pula Hotel Marina Bay Sands yg terkenal dengan perahu di bagian atasnya.

Di akhir kunjungan, aku pun merasa sangat puas sekaligus kagum. Rasanya luar biasa mampu melihat aneka tumbuhan dari segala dunia dalam sesuatu tempat. Rekomendasi untuk Anda yg berencana buat liburan ke Singapura.

Pemandangan Marina Bay Sands dari Cloud Forest (Randy/detikTravel)

(wsw/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/17/133039/3235822/1520/singapura-punya-taman-dengan-tumbuhan-dari-seluruh-dunia
Terima kasih sudah membaca berita Singapura Punya Taman dengan Tumbuhan dari Seluruh Dunia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Singapura Punya Taman Dengan Tumbuhan Dari Seluruh Dunia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.