Siapkan KTP, Museum Ini Terbuka Hanya Untuk Pengunjung 18 Tahun Ke Atas

Berikut artikel Siapkan KTP, Museum Ini Terbuka Hanya untuk Pengunjung 18 Tahun ke Atas, Semoga bermanfaat

SURABAYA, KOMPAS.com – Ketika membuka pintu besar berdekorasi kuno dengan hiasan kaca patri, KompasTravel disambut ramah oleh penjaga museum. Lantas ia segera bertanya, “Boleh lihat KTP-nya?”

Di Museum House of Sampoerna (HoS), Surabaya, Jawa Timur, pengunjung memang diharuskan menunjukan identitas. Hanya yg berusia 18 tahun ke atas yg diperbolehkan memasuki museum ini.

“Karena di sini adalah museum rokok, tembakau, dan cengkeh. Sesuai dengan aturan pemerintah merokok cuma diperbolehkan buat usia 18 tahun ke atas. Jadi di sini juga,” ungkap penjaga museum ketika KompasTravel berkunjung ke HoS dalam perjalanan Merapah Trans Jawa, ekspedisi jalur mudik Kompas.com, Rabu (29/6/2016).

Dekorasi antik, penerangan temaram, dan semerbak wangi cengkeh bagaikan membawa pengunjung memasuki lorong waktu di zaman lampau.

(Baca juga: Kenapa Makanan Khas Surabaya Ini Disebut Lontong Balap?)

Museum HoS dahulunya adalah rumah dari pelopor Sampoerna, Liem Seeng Tek. Sempat menjadi gedung bioskop, dan sampai sekarang masih aktif menjadi pabrik rokok. Namun jauh sebelumnya, komplek seluas 1,5 hektar ini awalnya dibangun buat panti asuhan khusus laki-laki Jongenz-Weezen-Inrichting.

Di museum HoS, pengunjung mampu mempelajari perjalanan Liem Seeng Tek dari bawah hingga menjadi taipan sukses. Liem sukses membangun kerajaan tembakau di tanah air, meskipun pernah hidup menggelandang dan bekerja serabutan.

Berbagai barang memorabilia, seperti sepeda Liem hingga replika gerobak jualannya ada di HoS. Selain itu ada pula benda-benda yg berhubungan dengan produksi rokok lawas, koleksi bungkus rokok dari berbagai zaman, dan semua hal yg berhubungan dengan Sampoerna.

Silvita Agmasari Mesin cetak bungkus rokok lawas yg dipajang di House of Sampoerna.

Museum HoS adalah salah sesuatu museum di Surabaya yg paling bersiap buat dikunjungi oleh wisatawan. Bangunan museum sangat terawat meskipun telah berusia lebih dari seratus tahun. Setiap barang pajang museum dilengkapi dengan penjelasan berbahasa Indonesia dan Inggris, serta fasilitas seperti tempat parkir luas, WC bersih, dan juga restaurant.

(Baca juga: Keren, Menantang Kecepatan Hitung Rawon Kalkulator Surabaya)

Untuk memasuki museum yg terletak di Jalan Taman Sampoerna Nomor 6 ini buka dari pukul sembilan pagi sampai sepuluh malam. Tak dipungut biaya alias gratis bagi memasuki museum ini.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/30/081000827/siapkan.ktp.museum.ini.terbuka.hanya.untuk.pengunjung.18.tahun.ke.atas
Terima kasih sudah membaca berita Siapkan KTP, Museum Ini Terbuka Hanya untuk Pengunjung 18 Tahun ke Atas. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Siapkan KTP, Museum Ini Terbuka Hanya Untuk Pengunjung 18 Tahun Ke Atas"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.