Siapakah Rini, Perempuan Yang Dilukis Soekarno?

No comment 131 views

Berikut artikel Siapakah Rini, Perempuan yang Dilukis Soekarno?, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com — Siapa sangka Presiden pertama RI, Soekarno, ternyata memiliki bakat melukis. Semasa hidupnya, Soekarno membuat belasan lukisan dan karikatur.

“Soekarno akan melukis sejak kuliah, pada tahun 1926 ketika usianya 25 tahun. Lukisan pertamanya kecil-kecil seukuran kertas HVS dari cat air. Seumur hidupnya, ia membuat belasan lukisan dan karikatur. Salah sesuatu lukisannya ada di rumah pengasingannya di Ende,” kata Mikke Susanto, kurator pameran Goresan Juang Kemerdekaan, pada Senin (1/8/2017) di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Salah sesuatu lukisan Soekarno yg dipajang dalam pameran Goresan Juang Kemerdekaan berjudul “Rini”.

Lukisan tersebut memuat potret seorang perempuan dari posisi samping. Perempuan tersebut berparas cantik, berhidung mancung, dan memancarkan sorot mata dingin tanpa senyum menghiasi bibir. Di sela telinga dan rambutnya yg ikal, terselip sekuntum bunga. Perempuan tersebut mengenakan kebaya bewarna hijau, dengan jarik batik bewarna coklat.

“Selang dua waktu yg lalu, Bung Karno pergi beristirahat di Bali. Dullah, pelukis Istana, diajaknya. Seperti biasa, Dullah di sana coba membuat lukisan, tapi baru saja dibuat garis-garis sketsa yg belum berarti, sudah ditinggalkannya kembali ke Jakarta dan tak dikerjakannya lagi. Pada bulan November masuk Desember tahun 1958, Bung Karno kembali lagi, beristirahat selama sepuluh hari. Dullah tak ikut. Tahu-tahu sepuluh hari di Bali, Bung Karno melukis, menyelesaikan sketsa Dullah hingga menjadi sebuah lukisan seperti yg tercantum di halaman ini. Tentu saja banyak dibuat perubahan dan tambahan-tambahan yang lain dari sketsa semula,” tulis Dullah dalam buku koleksi lukisan Soekarno.

Hal yg menarik dari lukisan Soekarno ini, sampai sekarang, sama sekali tidak ada yg tahu siapa sosok perempuan tersebut.

“Karya ini menjadi utama karena misteriusnya model. Ada yg menyampaikan bahwa ini adalah implementasi figur Sarinah (pengasuh Soekarno). Ada juga yg menyampaikan dari perspektif visual adalah wanita Jawa yg berkebaya dan berjarik, tapi dari wajah yaitu gabungan dari Sasak dan Jawa,” kata Mikke.

Selain soal sosok model yg misterius, lukisan Soekarno juga memiliki unsur keindahan.

“Ini adalah teknik di atas rata-rata. Melukis anatomi miring seperti ini tak mudah. Yang kedua adalah tangannya. Membuat tangan seperti ini warna coklat dan efek cahaya juga sulit. Dari segi pewarnaan warna hijau, coklat, hitam, dan sephia itu adalah sebuah harmoni,” kata Mikke.

Semasa hidupnya, Soekarno mengoleksi lukisan hingga 2.800 buah. Dari semuanya, sesuatu persennya, yakni 28 lukisan, dipamerkan dengan judul “Goresan Juang Kemerdekaan: Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan Republik Indonesia”. Pameran ini diselenggarakan pada 2-30 Agustus 2016 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat. Pameran ini dapat dinikmati tanpa harus membayar tiket masuk.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/08/02/061000427/siapakah.rini.perempuan.yang.dilukis.soekarno.
Terima kasih sudah membaca berita Siapakah Rini, Perempuan yang Dilukis Soekarno?. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Siapakah Rini, Perempuan Yang Dilukis Soekarno?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.