Siap-siap, Bakal Ada Kampung Mural Di Banyuwangi

No comment 42 views

Berikut artikel Siap-siap, Bakal Ada Kampung Mural di Banyuwangi, Semoga bermanfaat

Banyuwangi – Banyuwangi sepertinya tidak pernah kehabisan ide buat menarik wisatawan. Di Pulau Santen, perumahan di sana sedang dihiasi mural. Bakal jadi kampung mural nih!

Pasca disulapnya Pulau Santen Banyuwangi menjadi destinasi halal tourism, sejumlah warga dan berbagai komunitas tergerak buat bahu – membahu mempercantik pulau ini. Seperti komunitas Doodle Art, Pena Hitam dan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas PGRI Banyuwangi (Mapala Uniba) yg dengan sukarela menghias dinding rumah warga dengan mural.

Anggota Mapala Uniba, L Andri Saputro (22) adalah sesuatu di antara pelukis mural yg tampak asyik mencorat-coret dinding rumah salah seorang warga. Untuk menghindari agar para pemural tidak sekedar menghasilkan gambar, Andri dan kawan-kawannya memutuskan tema lingkungan.

Tidak cuma sekedar menggambar mural, Andri dan kawan-kawannya juga melakukan pendampingan terhadap pemuda Pulau Santen yg ingin menuangkan kreatifitas muralnya.

“Di Pulau Santen ini ada 80 Kepala Keluarga (KK). Jadi aku dan teman-teman, dibantu warga sekitar, berinisiatif memperindah wajah sekitar pantai dengan lukisan mural ini. Mereka bebas berekspresi, namun gambar yg dibuat harus bersifat inovatif dan edukatif tentang lingkungan,” ujar Andri, Selasa (28/3/2017) kemarin.

Mural bertemakan lingkungan (Putri Akmal/detikTravel)Mural bertemakan lingkungan (Putri Akmal/detikTravel)

Siap-siap, Bakal Ada Kampung Mural di BanyuwangiFoto: (Putri Akmal/detikTravel)

Motif mural yg digambar di dinding rumah warga kelihatan bervariasi. Ada yg bertema mangrove, konservasi, biota laut, kehidupan nelayan, maritim bahkan tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Beberapa warga juga kelihatan tidak kalah antusias ketika Andi dan komunitas pemural menggoreskan kuasnya di setiap dinding rumah. Dengan pendampingan, warga sekitar juga dibebaskan menggambari dinding sesuai tema yg ditetapkan.

Untuk biaya pembuatan mural di 80 dinding rumah warga itu, para komunitas bersama warga secara swadaya mengumpulkan uang bersama-sama. Andri dan kawan-kawannya dengan sukarela bersedekah semampunya buat membeli cat yg digunakan bagi melukis.

Namun, sebagian ada yg berasal dari swadaya warga, sumbangan dari donatur, dan gerakan Rp 1.000 dari pelajar sekitar Pulau Santen. Besar harapan mereka tempat ini dapat jadi kampung mural percontohan di Banyuwangi.

“Semoga Pulau Santen ini dapat jadi kampung mural percontohan di Banyuwangi,” singkatnya. (aff/aff)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/29/072943/3458913/1519/siap-siap-bakal-ada-kampung-mural-di-banyuwangi
Terima kasih sudah membaca berita Siap-siap, Bakal Ada Kampung Mural di Banyuwangi. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Siap-siap, Bakal Ada Kampung Mural Di Banyuwangi"