Si Hidung Mancung Asli Kalimantan Yang Jadi Maskot Dufan

Tarakan – Bekantan yg jadi maskot Dunia Fantasi aslinya dari Kalimantan. Untuk yg penasaran ingin melihatnya di alam bebas, tiba saja ke konservasi bekantan di Tarakan.

Bekantan (Nasalis larvatus) endemik di Pulau Kalimantan, hidup di area rawa atau hutan. Hewan itu khas dengan perut buncit serta hidung besar dan mancung, sehingga disebut juga monyet Belanda. Tingkah monyet berambut coklat ini pun begitu menggemaskan dan bikin penasaran bagi melihatnya langsung.

Salah sesuatu tempat yg dapat dikunjungi bagi bertemu bekantan di alam bebas adalah Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan (KKMB) di Jalan Gajah Mada, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Makanan pokok bekantan tidak cuma pisang, hewan ini juga suka daun bakau serta dua buah-buahan lainnya. Sehingga mereka betah tinggal di hutan bakau seperti KKMB.

(Ady Candra/d’Traveler)

Ditengok detikTravel dari situs indonesia.travel, Kamis (26/5/2016), ada sekitar 35 bekantan yg hidup di KKMB. Dari yg masih bayi hingga dewasa mampu dilihat di sana. Monyet Belanda itu memang agak pemalu, tetapi pengunjung tetap dapat bertemu karena mereka tidak kabur begitu saja saat melihat manusia.

Selama di KKMB, traveler dapat melihat tingkah lucu bekantan. Ada yg sedang bermain dari sesuatu pohon ke pohon lainnya, ada pula yg menikmati buah di pohon.

(Thinkstock)

Di sana telah tersedia semacam trotoar dari kayu ulin lebar serta menara pengamat setinggi 16 meter bagi traveler yg ingin mengamati bekantan sekaligus menyaksikan panorama KKMB dari ketinggian.

KKMB buka sekitar pukul 09.00-17.00 WITA, tetapi waktu terbaik bagi tiba ke sana adalah sejak jam 11.00 WITA hingga 14.00 WITA. Pada jam tersebut banyak bekantan mulai turun dari hutan bagi menikmati makanan tambahan dari polisi kehutanan. Kesempatan menjepret berbagai tingkah laku bekantan pun makin besar. Asyik!

(Ady Candra/d’Traveler)

(krn/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/05/26/085000/3218037/1519/si-hidung-mancung-asli-kalimantan-yang-jadi-maskot-dufan
Terima kasih sudah membaca berita Si Hidung Mancung Asli Kalimantan yang Jadi Maskot Dufan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Si Hidung Mancung Asli Kalimantan Yang Jadi Maskot Dufan"