Serunya Wisata Membuat Keramik Di Depok

No comment 94 views

Berikut artikel Serunya Wisata Membuat Keramik di Depok, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Kawasan Depok ternyata milik wisata seru membuat keramik. Berlokasi di Rumah Keramik F. Widayanto di kawasan Tanah Baru, traveler mampu belajar membuat keramik.

Kali ini Ikatan Alumni SMA angkatan aku mengadakan acara gathering yg dikemas dengan belajar membuat keramik di Rumah Keramik F. Widayanto di kawasan Tanah Baru, Depok. Saya menyambut acara ini dengan antusias karena telah lama aku mendengar Rumah Keramik ini dengan program belajar membuat keramik namun belum berkesempatan bagi mengunjunginya.

Rumah Keramik terletak di pinggir jalan raya Curug Agung, Tanah Baru, Depok. Terasa asri karena banyak pepohonan di dalam area Rumah Keramik. Di depan gebyok penting terdapat sepasang patung singa

Karena teman-teman peserta lainnya belum datang, aku berkesempatan bagi mengelilingi di sekitar Rumah Keramik. Tempat pertama yg aku masuki adalah restoran Joglo yg pada hari itu digunakan sebagai tempat meeting dan makan siang oleh kami. Ruangan kaca dengan lantai tegel bermotif klasik dihiasi dua patung.

Dari restoran Joglo aku menuju rumah penting yg juga dihuni oleh pemilik Rumah Keramik; Bapak F. Widayanto. Rumah berlantai 2 ini terbuka buat umum. Memasuki area rumah ini terasa seperti memasuki rumah nenek aku karena dari akan tegel, ruang tamu, ruang makan, teras bahkan ruang tidur diisi dengan mebel bergaya kuno. Dilengkapi dengan kamar mandi dengan ornamen dari keramik berbentuk unik. Rasanya setiap tempat di Rumah Keramik ini membuat aku berdecak kagum.

Setelah teman-teman berdatangan dan mencicipi coffee break berupa singkong goreng dengan sambal yg rasanya unik dan pisang goreng serta kopi dan teh, acara penting pun dimulai, merupakan dengan membuat keramik. Sebelumnya ada instruktur dari Rumah Keramik yg menjelaskan teori dasar dalam membuat keramik dan membagikan tanah lempung kepada masing-masing peserta. Para peserta pun bisa memilih bentuk dari tanah liat yg mulai dibuat. Terdapat dua cetakan dengan berbagai ukuran atau bisa memakai alat putar seperti yg digunakan Demi Moore dalam film Ghost.

Selain kelompok kita kelihatan dua pengunjung orang tua dengan anaknya yg mulai mengikuti kelas belajar membuat keramik juga.

Terlihat gampang apalagi dengan memakai cetakan. Namun ternyata aku salah. Cetakan harus terisi padat oleh tanah lempung dan harus hati-hati mengangkat dari cetakan agar hasilnya tak patah serta merapihkan pinggiran hasil cetakan dengan pisau khusus.

Akhirnya seluruh peserta bisa menyelesaikan pembuatan keramik, tentunya dengan dibantu oleh instruktur. Namun kalian tak bisa segera membawa pulang aneka keramik tersebut karena masih harus melewati tahapan pembakaran pertama, pewarnaan dan pembakaran akhir yg memakan waktu sampai sekitar sesuatu minggu. Kami mewakilkan kepada salah sesuatu teman buat mengambil keramik-keramik kalian tersebut nanti.

Setelah bergelut dengan tanah liat, kalian kembali ke Joglo bagi menikmati makan siang dengan menu tradisional yg sungguh enak. Piring dan mangkok yg digunakan pun terbuat dari keramik dengan motif yg unik. Terasa sayang buat diisi dengan aneka makanan yg tersaji.

Sembari menunggu hujan reda, kalian mengobrol santai mengingat berbagai kelakuan kita semasa menempuh pendidikan di SMA. Dan pastinya gathering kali ini amat berkesan dan mulai terus teringat karena para peserta mulai merima keramik hasil buatan sendiri sebagai kenang-kenangan.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/03/105800/3310828/1025/serunya-wisata-membuat-keramik-di-depok
Terima kasih sudah membaca berita Serunya Wisata Membuat Keramik di Depok. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Serunya Wisata Membuat Keramik Di Depok"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.