Seru! Berbasah Ria Di Lereng Gunung Merapi

No comment 86 views

Berikut artikel Seru! Berbasah Ria di Lereng Gunung Merapi, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Keganasan Merapi pada tahun 2006 memang banyak memakan korban jiwa. Kini traveler malah mampu mengikuti lava tour keliling lereng Merapi.

Lava tour merapi adalah wisata menyusuri jejak erupsi Gunung Merapi pada tahun 2006 dan 2010 yg menewaskan juru kuncinya merupakan Mbah Maridjan. Ya, masyarakat Merapi kini akan bangkit dari keterpurukannya dan menyulap sisa-sisa kehancuran itu dengan bentuk wisata Lava Tour merapi.

Lava tour ini memiliki bebearapa titik pemberangkatan, antara yang lain taman wisata Kaliurang, Museum Gunung Merapi, taman bermain Kaliurang, dan Desa Kinahrejo sendiri.

Khusus bagi starting point di dusun Kinahrejo, ada pilihan selain memakai jeep buat menyusuri lava tpur merapi, merupakan memakai motor trail.

Apabila ingin mengunjungi rumah Alm Mbah Maridjan, wisatwan harus memilih bagi berjalan kaki atau memakai motor trail karena rute buat jeep tak melewati rumah mbah maridjan.

Untuk rute Jeep sendiri ada dua pilihan merupakan rute pendek, sedang, panjang, dan sunrise. Pada umumnya wisatawan memilih rute pendek, merupakan desa kinahrejo-museum hartaku-bunker-batu alien, dan akhirnya bermain air di kalikuning.

Di dusun Kinahrejo, wisatawan mulai berangkat menuju ke museum hartaku. Di museum hartaku mulai kelihatan peninggalan sebuah rumah beserta tulang belulang hewan ternak yg menjadi korban Merapi.

Salah sesuatu yg unik adalah jam dinding yg memperlihatkan waktu erupsi Merapi. Saat ini museum hartaku telah dilengkapi dengan foto-foto yg menggambarkan letusan Merapi.

Setelah dari Merapi wisatawan mulai dibawa ke batu alien, salah sesuatu batu yg terlontar dari erupsi Merapi yg bentuknya menyerupai wajah alien. Setelah itu pengunjung mulai berjalan lagi ke bunker, di mana terdapat peninggalan bunker perlindungan tempat beberapa orang meninggal akibat erupsi merapi.

Selama perjalanan dari Museum Hartaku menuju batu alien dan bunker, perjalanan tak rata karena melewati jalan berbatu dan berpasir. Apabila wisatawan menghendaki, dapat juga meminta kepada driver jeep bagi melakukan manuver-manuver tertentu.

Tentu saja ini membuat perjalanan semakin seru! Siap-siap berteriak-teriak ketiak dibawa ngebut dan berkelok-kelok oleh driver jeep.

Di ujung perjalanan masih ada keseruan menanti. Para wisatwan mulai dibelokkan ke area Kali Kuning, merupakan sungai tempat aliran lahar Merapi namun dengan debit air yg tak terlalu tinggi.

Dan di sinilah para wisatawan mulai diajak bermanuver di dalam air dan berbasah-basah ria. Dijamin para penumpangnya mulai berteriak lepas dengan manuver-manuver dari para driver jeep!

Tapi tenang saja, tak perlu khawatir. Para driver telah terlatih bagi melakukan manuver itu. Jadi telah siapkah memacu adrenalin di Lava Tour merapi?

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/03/143300/3216971/1025/seru-berbasah-ria-di-lereng-gunung-merapi
Terima kasih sudah membaca berita Seru! Berbasah Ria di Lereng Gunung Merapi. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Seru! Berbasah Ria Di Lereng Gunung Merapi"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.