Seram Atau Misterius? Vihara Di Thailand Ini Anti Mainstream Banget

Berikut artikel Seram atau Misterius? Vihara di Thailand Ini Anti Mainstream Banget, Semoga bermanfaat

Chiang Mai – Liburan ke Chiang Mai, Thailand, ada sebuah hidden destination untuk kamu para petualang. Inilah Vihara Wat Umong, sekilas menyeramkan tetapi menyimpan sebuah cerita.

Vihara Wat Umong ada di pinggir kota, tepatnya di Soi Ban Mai Lang Mo 1, Suthep, Chiang Mai. detikTravel diajak Tourism Authority of Thailand berkunjung ke sini Jumat (23/9/2016).

Daerah sekitar vihara penuh hutan rimbun dengan bebatuan penuh lumut dan lembab. Kondisi ini beda jauh dengan vihara di Thailand pada umumnya yg ngejreng, kinclong keemasan, terang benderang.

Di sini sunyi, sepi, dan nyaris tanpa pengunjung kecuali kami. Alangkah terkejutnya saya, saat melihat halaman vihara yg sepi ornamen. Yang ada adalah kesan misterius.

Mulut terowongan Vihara Wat Umong (Fitraya/detikTravel)Mulut terowongan Vihara Wat Umong (Fitraya/detikTravel)

Halaman dengan batu bata tampak sepi. Tampak 3 mulut terowongan, kemudian di bawah pepohonan tampak jejeran patung Buddha yg dibiarkan diterpa cuaca sampai berlumut atau pecah.

Di atas bangunan yg mirip gua ini tampak sebuah stupa besar sekali. Bagaimana cara ke sana? Hmm, mungkin memang lewat terowongan ini.

Tapi kemana terowongan ini menuju? Begitu pikir saya. Setelah melepas alas kaki, aku melangkah masuk perlahan-lahan menuju kegelapan.

Pemandu aku hanyalah jejeran lampu di lantai terowongan. Di ujung ada altar Buddha, kemudian terjadi percabangan. Waduh, belok kemana ya? Perlahan tempat ini menjelma menjadi seperti labirin.

Lorong gelap seperti labirin (Fitraya/detikTravel)Lorong gelap seperti labirin (Fitraya/detikTravel)

Aroma kelelawar menyeruak di sebuah sudut. Saya mendongakkan kepala, kelelawar kecil pasti suka dengan cerukan-cerukan di langit-langit terowongan yg tembus ke atap dimana cahaya menerobos masuk.

Akhirnya aku melihat cahaya, wah wah wah ini dia ujung belakang terowongannya. Saya mendapati semak belukar dan tangga yang lain tampaknya menuju atap terowongan. Benar rupanya, aku menjumpai pelataran cukup luas dengan stupa besar menjulang di tengahnya. Stupa ini tampak tua sekali.

“Banyak yg tak menyangka, tetapi vihara ini telah dari tahun 1297. Sudah 700 tahun lebih,” kata Pai Boon, pemandu kami.

Salah sesuatu penanda tuanya vihara ini adalah Pilar Ashoka dengan patung 4 singa yg menjadi simbol India. ini menggambarkan hubungan yg tua dengan India. Suasana di sini memang sepi, rupanya agar para bhiksu mampu bermeditasi dengan tenang.

Stupa yg besar di Vihara Wat Umong (Fitraya/detikTravel)Stupa yg besar di Vihara Wat Umong (Fitraya/detikTravel)

Setelah dua waktu di sini, hilanglah perasaan seram atau misterius. Yang ada adalah suasana penuh kedamaian, saat melihat para bhiksu bekerja bakti membersihkan halaman. Suasana makin damai saat melihat kata-kata mutiara yg dipasang di pohon-pohon.

“Cinta sejati tak butuh apa-apa bagi dibalas,” begitu yg aku baca. Aih, romantis. Cocok buat jomblo galau yg mencari ketenangan batin.

Cara ke sana:

Pilihan terbaik bagi ke tempat ini adalah carter angkot pickup Songthaew dari pusat Kota Chiang Mai. Pulang pergi mampu sampai 500 Baht (Rp 188 ribu) namun dapat dibagi sampai 10 orang penumpang. Vihara ini gratis dan letaknya berada 250 meter dari Lucky Bunny Cafe, Kafe kelinci yg lucu.

Para bhiksu sedang bekerja bakti (Fitraya/detikTravel)Para bhiksu sedang bekerja bakti (Fitraya/detikTravel)

(fay/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/28/091800/3308408/1520/seram-atau-misterius-vihara-di-thailand-ini-anti-mainstream-banget
Terima kasih sudah membaca berita Seram atau Misterius? Vihara di Thailand Ini Anti Mainstream Banget. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Seram Atau Misterius? Vihara Di Thailand Ini Anti Mainstream Banget"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.