Seperti Ini Detil Bangunan Bekas Rumah Laksamana Maeda

No comment 140 views

Berikut artikel Seperti Ini Detil Bangunan Bekas Rumah Laksamana Maeda, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Menyambut Hari Lahirnya Pancasila, tidak ada salahnya berkunjung ke Rumah Laksamana Maeda. Bangunan ini kini jadi Museum Naskah Proklamasi.

Dibangun tahun 1920, gedung ini awalnya yaitu kediaman Laksamada Maeda. Seorang Jendral berkebangsaan Jepang. Meski ditinggali oleh orang Jepang, namun gedung ini memiliki gaya arsitektur eropa. Dengan luas bangunan 1.138 meter persegi, gedung ini memiliki ruangan-ruangan yg berukuran besar dilantai dasar dan lantai dua.

Dibagian depan, kelihatan deretan jendela kayu berukuran besar khas tempo lalu berlapis cat warna kuning. Gaya eropa semakin kental dengan atap tinggi yg menaungi bangunan tersebut.

Masuk ke bagian dalam, pengunjung mulai disambut dengan lantai beralaskan ubin persegi berukuran sekitar 20 x 20 centimeter. Tepat di depan pintu masuk terdapat sebuah tangga bagi naik ke lantai atas. Tangga ini dilapisi karpet merah. Bagian yg menarik adalah pembatas handrail. Terbuat dari baja yg dibentuk kotak-kotak mirip labirin yg rumit.

Di lantai atas terdapat beberapa kamar mandi berukuran besar. Sebuah bathup, closet dan wastafel mengisi setiap kamar mandi. Kamar mandi yg sesuatu didominasi peralatan berwarna kuning. Sementara satunya didominasi warna pink.

Pindah ke bagian belakang bangunan terdapat pintu kayu bukaan ganda dengan jeruji besi dibagian tengahnya. Gagang pintu kelihatan sangat kuno. Sayangnya pengecatan ulang yg kurang rapi membuat hampir segala bagian gagang ikut dilumuri cat.

Sebuah dinding putih dengan kisi-kisi berlubang mirip jaring membatasi teras belakang dengan halaman kecil disisi bangunan. Pada teras itu diletakkan dua kursi kayu yg mampu digunakan oleh pengunjung bagi beristirahat sejenak.

Traveler yg ingin melihat segera detil bangunan ini mampu berkunjung ke museum yg terletak di Jl. Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Temukanlah berbagai keunikan bangunan ini, termasuk sebuah bunker yg ada di halaman belakangnya.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/01/102500/3199618/1025/seperti-ini-detil-bangunan-bekas-rumah-laksamana-maeda
Terima kasih sudah membaca berita Seperti Ini Detil Bangunan Bekas Rumah Laksamana Maeda. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Seperti Ini Detil Bangunan Bekas Rumah Laksamana Maeda"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.