Seperti Apa Menu Makan Siang Pertama Para Presiden AS?

No comment 100 views

Berikut artikel Seperti Apa Menu Makan Siang Pertama Para Presiden AS?, Semoga bermanfaat

KOMPAS.com — Bagi para presiden Amerika Serikat (AS), makan siang inaugurasi (inaugural luncheon) tidak sekadar perhelatan. Presiden ke-15 AS, James Buchanan, menghabiskan puluhan kilogram bahan segar, seperti tiram, daging kambing, dan lidah sapi, demi menyuguhkan hidangan mewah buat 6.000 tamu.

Semua itu belum termasuk aneka pilihan wine. Bahan-bahan segar diolah menjadi hidangan makan siang inaugurasi Buchanan pada 4 Maret 1857.

Empat tahun kemudian, Abraham Lincoln melangsungkan makan siang inaugurasi pada 1861. Makanan yg dihidangkan lebih sederhana, seperti daging kornet sapi dan kubis, mock turtle soup, kentang, pai blackberry, dan kopi.

Pada makan siang inaugurasi kedua Lincoln, merupakan tahun 1865, ia menyuguhkan hidangan yg sedikit lebih mewah, seperti sekeranjang tiram, empat macam daging, aneka hidangan dari ayam dan unggas, juga aneka macam makanan penutup, bahkan es krim. Perlu diingat, pada masa itu, kulkas bukan barang yg umum sehingga hidangan penutup yg dingin adalah barang mewah.

(BACA JUGA: Usai Dilantik, Ini Menu Makan Siang Pertama Donald Trump)

Satu abad kemudian, tepatnya pada 1961, John F Kennedy melangsungkan makan siang inaugurasi dengan hidangan dari segala negara bagian AS. Misalnya, lobster dari New England dan daging sapi dari Texas.

Oleh karena itu, makan siang inaugurasi tidak sekadar perhelatan. Ini adalah sebuah tradisi panjang yg rutin digelar dan menjadi bagian sejarah Amerika Serikat. Umumnya, presiden baru mulai menyuguhkan makanan favorit mereka dan hidangan yg merepresentasikan negara bagian yang berasal mereka.

Sejak tahun 1953, The Joint Congressional Committee on Inaugural Ceremonies’ Inaugural Luncheon menjadi aktivitas resmi kepresidenan AS. Walaupun Presiden AS Jimmy Carter tak menyelenggarkan makan siang, setiap presiden yg dilantik terus memberikan sentuhan pribadi pada menu makan siang pertama mereka sebagai presiden.

Pada makan siang inaugurasi Barack Obama ketika menjadi presiden AS buat kali kedua, makanan yg dihidangkan adalah lobster dengan New England clam cowder, bison panggang dengan red potato horseradish cake (semacam bakwan dari kentang tes dan lobak) dan saus huckleberry, serta pai apel dengan es krim sebagai penutup. Menu itu mencakup makanan dari tiga daerah AS dan bertemakan “Faith in America’s Future.” 

www.mainelobsterfestival.com Maine lobster yg disajikan di Maine Lobster Festival.

Bagaimana dengan Donald Trump? Mengutip situs Mic Network, Jumat (20/1/2017), dari daftar menu makan siang inaugurasi Donald Trump, tidak ada sesuatu pun hidangan yg identik dengan wilayah yang berasal Trump, yakni New York.

Padahal, kota berjuluk “The Big Apple” itu milik segudang makanan yg menjadi ikon, akan dari strip steak, cheesecake, sampai Manhattan clam chowder. Berikut menu makan siang Donald Trump di Capitol Building.

1. Maine lobster dan gulf shrimp with saffron sauce and peanut crumble, dihidangkan bersama anggur J Lohr 2013 Arroyo Vista Chardonnay. 

2. Grilled Seven Hills Angus beef in dark chocolate dan juniper juice with potato gratin, dihidangkan bersama Delicato Black Stallion 2012 Limited Release Napa Valley Cabernet Sauvignon.

3. Chocolate souffle and cherry vanilla ice cream, dihidangkan bersama Korbel Natural “Special Inaugural Cuvee” California Champagne.

Trump malah memilih daging sapi Angus dari Seven Hills, peternakan di Virginia, walau pemilihan daging ini masih sesuai dengan tema yg diangkat merupakan “Make America Great Again”, yg mengesankan dukungan terhadap peternakan lokal.

Bisa jadi, gulf shrimp yg disajikan adalah representasi dari propertinya yg berlokasi di Palm Beach, Florida. Hidangan yg disajikan pada makan siang inaugurasi Trump juga berbeda dengan rumor yg sebelumnya beredar. Setidaknya, Trump tak menyajikan aneka junk food yang jadi favoritnya.

Menu yg disajikan dipandang tak terlalu mewah buat sosok sekelas Donald Trump. Namun, mantan Presiden AS, George W Bush, juga pernah menyajikan hidangan yg tidak terlalu mewah, merupakan kepiting lobster, burung puyuh panggang dengan kacang dan sayuran, serta puding kukus lemon. 

Sajian itu sama halnya ketika makan siang inaugurasi Bill Clinton tahun 1993 yg terkesan makanan rumahan. Menunya terdiri dari ikan salmon panggang, ayam bumbu rosemary, dan apple-cranberry brown betty with créme anglaise. Sebuah menu yg dengan gampang ditemukan di majalah masak era 1990-an.

Jika Anda tertarik memasak hidangan yg mulai disajikan pada makan siang inaugurasi Trump hari ini, The Inaugural Committee membagikan resepnya secara online.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2017/01/20/171554627/seperti.apa.menu.makan.siang.pertama.para.presiden.as.
Terima kasih sudah membaca berita Seperti Apa Menu Makan Siang Pertama Para Presiden AS?. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Seperti Apa Menu Makan Siang Pertama Para Presiden AS?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.