Sepenggal Majapahit Di Museum Trowulan

No comment 102 views

Berikut artikel Sepenggal Majapahit di Museum Trowulan, Semoga bermanfaat

MOJOKERTO, KOMPAS.com – Jauh sebelum Indonesia berdiri sebagai republik kesatuan, telah ada Nusantara, wilayah kerajaan yg tersohor pada tahun 1300-an merupakan Majapahit. 

Meski luas wilayah Majapahit sampai sekarang masih diperdebatkan, namun demikian Majapahit yaitu sebuah kerajaan besar yg pernah berjaya pada zamannya. Beberapa sisa kejayaanya kini mampu dilihat di Museum Trowulan, di Mojokerto, Jawa Timur.

(Baca: Faktanya, Nusantara Bukanlah Wilayah Majapahit)

Museum ini terbagi dalam tujuh kategori ruang pameran. Bisa dibilang, museum ini memiliki koleksi Majapahit paling lengkap. Sebab Museum Trowulan berdiri di wilayah yg konon yaitu pusat pemerintahan Majapahit dahulu.

Terbukti museum ini begitu dekat dengan dua situs kebesaran Majapahit seperti Kolam Segaran Jon, Candi Tikus, Candi Bajang Ratu, Candi Brahu, Candi Gentong, Candi Wringin Lawang, dan Candi Minak Jinggo.

Sampai sekarang masih kelihatan aktivitas penggalian situs yg dikerjakan di sekitar Museum Trowulan. Museum yg buka dari pukul tujuh pagi sampai tiga sore ini begitu menarik buat dijelajah.

Setyo Adi Nugroho Galian situs Majapahit dibelakang Museum Trowulan.

Selain koleksi yg cukup lengkap, penjelasan di museum ini juga mumpuni. Banyak petugas museum yg bersiap menolong pengunjung dan menerangkan secara komprehensif. Harga tiket masuk Museum Trowulan juga terjangkau, pengunjung dibanderol tiket Rp 5.000 per orang. 

Selesai melihat koleksi Museum Trowulan, pengunjung mampu duduk bersantai di taman Museum yg luas dan bermain sepeda air di kolam halaman depan Museum. Jangan lewatkan pula kuliner khas daerah Trowulan, Mojokerto, yakni ikan wader yg ditangkap segera di Kolam Segaran Majapahit. 

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/11/170500927/Sepenggal.Majapahit.di.Museum.Trowulan
Terima kasih sudah membaca berita Sepenggal Majapahit di Museum Trowulan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Sepenggal Majapahit Di Museum Trowulan"