Sepanjang Agustus, Lukisan Istana Negara Dipamerkan Di Galeri Nasional

Berikut artikel Sepanjang Agustus, Lukisan Istana Negara Dipamerkan di Galeri Nasional, Semoga bermanfaat

JAKARTA,KOMPAS.com – Tahukah Anda bahwa Presiden pertama RI, Soekarno mengoleksi sekitar 2.800 lukisan? Lukisan-lukisan tersebut kebanyakan tersimpan di Istana Negara dan awalnya tidak bisa dinikmati secara bebas oleh masyarakat. 

Kini, Anda bisa melihat 28 lukisan koleksi Istana Negara karya seniman maestro Indonesia di pameran berjudul “Goresan Juang Kemerdekaan : Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan Republik Indonesia” yg diselenggarakan akan 2-30 Agustus 2016 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.

“Makna Goresan Juang Kemerdekaan adalah imaji, citraan, gambaran, visualisasi yg mengisahkan dan menuturkan kisah-kisah heroik, bersejarah, dan mengandung semangat merdeka, bebas menuju sebuah tujuan, yakni negara berdaulat, adil dan, makmur,” kata Mikke Susanto, kurator pameran Goresan Juang Kemerdekaan. 

Pameran ini menampilkan 28 karya dari 20 maestro lukis Indonesia seperti Raden Saleh, Affandi, Baoseki Abdullah, serta Presiden Soekarno sendiri. 

KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Anda mampu melihat 28 lukisan koleksi Istana Negara karya seniman maestro Indonesia di pameran berjudul “Goresan Juang Kemerdekaan : Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan Republik Indonesia” yg diselenggarakan akan 2-30 Agustus 2016 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.

Koleksi dibagi menjadi tiga sub tema yakni potret tokoh utama perjuangan kemerdekaan Indonesia, keadaan sosial masyarakat masa revolusi, dan jejak perjuangan dari masa penjajahan Belanda hingga tahun 1950 atau disebut Kenusantaraan. 

Untuk berkunjung ke pameran ini pengunjung yak dipungut biaya alias gratis. Dengan syarat, tidak memotret lukisan secara close up dan memakai lampu kamera guna menghindari plagiarisme.

Pengunjung juga dilarang membawa tongsis ataupun benda tajam lainnya, dan membawa makanan atau minuman ke ruang pamer lukisan. 

Pameran dibuka setiap hari pukul 09.00-20.00 WIB. Untuk menuju gedung Galeri Nasional, Anda mampu menaiki angkutan umum Trans Jakarta dan berhenti di stasiun Gambir. Gedung Galeri Nasional berada persis di seberang Stasiun Gambir. Jangan lewatkan kesempatan melihat karya seni yg merekam perjuangan bangsa Indonesia ini.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/08/01/160938027/sepanjang.agustus.lukisan.istana.negara.dipamerkan.di.galeri.nasional
Terima kasih sudah membaca berita Sepanjang Agustus, Lukisan Istana Negara Dipamerkan di Galeri Nasional. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Sepanjang Agustus, Lukisan Istana Negara Dipamerkan Di Galeri Nasional"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.