Semangat Laskar Pelangi Yang Tak Pernah Padam Di Belitung

No comment 62 views

Berikut artikel Semangat Laskar Pelangi yang Tak Pernah Padam di Belitung, Semoga bermanfaat

Tanjungpandan – Belitung menjadi terkenal berkat film ‘Laskar Pelangi’. Film tentang semangat yg tidak pernah padam sambil menampilkan keindahan alam Belitung. Popularitasnya tidak pernah habis.

Laskar Pelangi adalah sebuah film garapan sutradara Riri Riza yg dirilis pada 26 September 2008. Film ini diangkat dari novel Laskar Pelangi yg ditulis oleh Andrea Hirata. Film yg begitu populer, novelnya pun laris manis.

Sedikit membuka memori tentang filmnya, Laskar Pelangi menceritakan tentang Ikal sebagai tokoh penting yg mempunyai mimpi-mimpi besar. Mimpi dari membawa sekolahnya menjuarai lomba 17 Agustus, mimpi bagi berkelana ke penjuru dunia walau belajar di tempat yg reyot dan mimpi-mimpi lainnya.

“Bermimpilah, karena Tuhan mulai memeluk mimpi-mimpi itu,” begitu salah sesuatu kutipan dari filmnya yg begitu populer.

Andrea Hirata, sang novelis Laskar Pelangi (detikFoto)

Belitung adalah lokasi syuting film tersebut. Dalam filmnya ditampilkan keindahan alam Belitung dari pantai, laut hingga suasana kotanya. Tak ayal, film ‘Laskar Pelangi’ boleh dibilang sebagai salah sesuatu cara mewujudkan mimpi Belitung menjadi destinasi tersohor di Indonesia.

Sang penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata pun mengakui bahwa kemunculan novel dan film Laskar Pelangi seolah menjadi promosi pariwisata Belitung. Hal tersebut pernah dia ungkapkan pada acara di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata di akhir tahun 2015 silam.

Ya, Andrea Hirata dan masyarakat Belitung boleh bangga. Belitung telah mampu disandingkan oleh destinasi-destinasi yang lain yg telah populer di Pulau Sumatera bahkan Indonesia. Bahkan pamor Belitung telah mencuri perhatian Kementerian Pariwisata buat memasukannya dalam 10 Destinasi Pariwisata Prioritas.

Apa yg dimaksud dengan Destinasi Pariwisata Prioritas? Itu adalah yg dipilih segera oleh Presiden Joko Widodo dan diprioritaskan buat dikembangkan serta dipromosikan lebih lalu dibanding destinasi lainnya. Nantinya, destinasi-destinasinya mulai di bawah tanggung jawab Badan Otoritas Pariwisata yg yaitu gabungan dari pemerintah pusat, pemda dan masyarakat setempat.

Belitung yg kebanjiran banyak wisatawan gara-gara Laskar Pelangi (Darwance Law/dTraveler)

Tempat-tempat Wisata Laskar Pelangi

Belitung mempunyai julukan sebagai Negeri Laskar Pelangi. Julukan yg terilhami dari film dan novel Laskar Pelangi, yg pasti Anda telah banyak mendengar atau melihat julkan tersbeut dari poerator-operator tur yg menawarkan perjalanan ke Belitung.

Dalam film ‘Laskar Pelangi’, ditampilkanlah keindahan alam Belitung. Ada Pantai Tanjung Tinggi, tempat Ikal dan kawan-kawan suka menghabiskan waktu bersama teman-temannya di sana ketika senja. Pantai Tanjung Tinggi memiliki bebatuan granit dengan ukuran besar dan tinggi, serta hamparan pasir putih. Cantik sekali!

Pantai Tanjung Tinggi (Florentina Woro Narwastu/dTraveler)

Selanjutnya, mengitari Kota Tanjungpandan bakal menjadi kegiatan yg asyik. Jika kamu ingat adegan nongkrong di warung kopi dan pawai sekolah dalam filmnya, itu seluruh berlokasi di Tanjung Pandan. Oh iya, jangan lupa mampir ke Waroeng Kopi Ake, yg disebut sebagai warung kopi tertua di Belitung sejak tahun 1921. Warung kopi ini masih sangat tradisional dan mulai membawa Anda seolah keembali ke tempo dulu.

Kemudian seandainya ingin tahu tempat Ikal belajar di sekolah yg reyot dan seadanya, datanglah ke replika SD Muhammadiyah di Gantong, Belitung Timur. Meski replika, bangunannya milik keadaan yg hampir sama dengan aslinya. Setelah menjadi tempat syuting film, sekolah itu tak dihancurkan. Tetap dirawat dan menjadi tempat wisata.

Inilah replika sekolah Ikal (Kang Didno/dTraveler)

Lalu Museum Kata Andrea Hirata, yg kami mulai memasuki dunia Laskar Pelangi. Cuplikan-cuplikan adegan filmnya yg diangkat ke layar lebar menghiasi ruangan. Beberapa kata-kata yg membakar semangat dan menyentuh hati juga menghiasi dinding-dinding ruangan.

Museum kata Andrea Hirata yg berlokasi di Jalan Laskar Pelangi Nomor 7 di Desa Gantong, Belitung Timur ini juga disebut sebagai museum sastra pertama di Indonesia. Namun sayangnya, kini museum tersebut sedang ditutup sementara buat dibuat suatu konsep baru sejak bulan Mei lalu.

Datanglah ke Belitung dan nikmatilah Negeri Laskar Pelangi!

(aff/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/21/112021/3258003/1519/semangat-laskar-pelangi-yang-tak-pernah-padam-di-belitung
Terima kasih sudah membaca berita Semangat Laskar Pelangi yang Tak Pernah Padam di Belitung. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Semangat Laskar Pelangi Yang Tak Pernah Padam Di Belitung"