Sekeping Sejarah Di Kampung Kapitan Palembang

No comment 150 views

Berikut artikel Sekeping Sejarah di Kampung Kapitan Palembang, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Palembang ternyata menyimpan pesona yang lain yg harus traveler tahu. Yaitu Kampung Kapitan, saksi bisu sejarah masuknya masyarakat Tionghoa di Bumi Sriwijaya.

Kota Palembang tidak cuma terkenal dengan wisata kuliner dan jembatan Ampera-nya saja. Namun, seandainya anda senang mempelajari sejarah, ada juga destinasi yg mesti didatangi.

Palembang juga memiliki kawasan yg mengandung nilai sejarah tinggi. Seperti di Jalan KH Azhari, No 1839, Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I Palembang. Di sini, terdapat rumah tua yg dikenal sebagai  Kawasan Kampung Kapitan.

Kampung Kapitan adalah Kampung Tempo lalu yg menjadi sejarah masuknya warga Tionghoa ke Bumi Sriwjaya. Rumah ini berhadapan segera ke Sungi Musi, Jembatan Ampera dan bersebrangan dengan Plaza Benteng Kuto Besak.

Di kampung inilah, pertama kali warga Keturunan Tionghoa menginjakkan kaki di bumi sriwijaya. Sayangnya, meskipun rumah ini tidak jarang dikunjungi para pelancong, namun keadaan rumah ini tak begitu diperhatikan dan nyaris terbengkalai.

Pasalnya, rumah yg kental dengan nuansa China dan Palembang ini dulunya terdapat tiga rumah yg berbaris rapi menghadap Sungai Musi. Namun ketika ini, karena kurangnya perhatian dan terkendala biaya, rumah seluas 165,9 x 85,6 meter tersebut cuma tersisa beberapa saja, yakni Rumah Abu dan rumah tinggal.

Saat ini bangunan yg usianya sekitar 400 tahun cuma memiliki dua peningalan seperti meja abu, altar sembahyang, dan dua foto Kapitan.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/08/102700/3401717/1025/sekeping-sejarah-di-kampung-kapitan-palembang
Terima kasih sudah membaca berita Sekeping Sejarah di Kampung Kapitan Palembang. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Sekeping Sejarah Di Kampung Kapitan Palembang"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.