Sayur Babanci, Makanan Yang Disorientasi Nama

No comment 141 views

Berikut artikel Sayur Babanci, Makanan yang Disorientasi Nama, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Sayur babanci adalah makanan khas Betawi yg hampir punah. Sebab bahan-bahan dari sayur babanci terbilang sulit ditemui di masa sekarang. Hanya ada segelintir warung makan atau restoran yg masih menyediakan menu sayur babanci ini.

Beruntung KompasTravel mampu mencicipi sayur babanci, di Historia Food & Bar pada acara “Expolore Kota Tua & The Taste of Dutch & Betawi Culinary” yg diadakan oleh Jakarta Food Adventure, Minggu (5/6/2016) di kawasan Kota Tua, Jakarta. 

“Sayur babanci ini adalah makanan yg membingungkan. Namanya sayur, tetapi tidak ada sayurnya dan rasanya malah mirip gulai, karena itu disebut sayur babanci,” ungkap Adjie, pemandu dari Jakarta Food Adventure (JFA).

“Bisa disebut sayur galau,” tambah Idfi, pemandu di JFA. 

Idfi menjelaskan seandainya selain versi pertama yg menyebut sayur babanci disorientasi nama, maka ada pula versi kedua nama sayur babanci. “Konon karena sayur babanci ini awalnya dibuat oleh orang Tionghoa, jadi disebut baba dan cici,” ungkap Idfi.

Mari lupakan perdebatan nama sayur babanci, yg pasti sayur ini harusnya tetap lestari di Betawi. Sebab rasa sayur babanci sungguh lezat! Rasanya kaya mulai rempah Indonesia, gurih, dan sedap.

Silvita Agmasari Rempah rempah yg digunakan bagi membuat sayur babanci.

Bahan-bahan yg digunakan buat membuat sayur babanci antara yang lain jahe, serai, kapulaga, bunga bintang, cabe merah besar, asam jawa, kemiri, lengkuas, terasi, serundeng, petai, kelapa muda, dan masih banyak lainnya. 

Bisa dibilang, semangkuk sayur babanci adalah ‘gudang’ rempah Indonesia. Rasanya hampir seluruh bumbu dapur masuk ke mangkuk Babanci. Tapi sayang itulah kelebihan sekaligus kelemahan sayur babanci.

“Sayur babanci terbuat dari 21 bahan dan lima puluh persen bahan sekarang sulit didapat. Itulah mengapa sayur ini hampir punah” jelas Idfi.

Soal rasa, rasa sayur babanci sama sekali tidak disorientasi seperti namanya. Rasanya mantap, mirip dengan kuah lontong cap go meh namun dengan intensitas rasa yg lebih kaya karena penggunaan rempah yg beragam dan kuah yg lebih kental.

Rasa sayur babanci ini gurih, memiliki sedikit rasa pedas, segar karena ada rasa dari asam jawa, dan harum karena petai serundeng, serta terasi. 

Salah sesuatu restoran yg masih menjual sayur babanci adalah Historia Food & Bar di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Harga sayur babanci dibanderol dengan Rp 47.000 sangat sebanding dengan rasa yg ditawarkan oleh makanan yg akan langka ini. 

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/06/054059827/sayur.babanci.makanan.yang.disorientasi.nama
Terima kasih sudah membaca berita Sayur Babanci, Makanan yang Disorientasi Nama. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Sayur Babanci, Makanan Yang Disorientasi Nama"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.