Saudara Kembar Dari Sijuk

No comment 144 views

Berikut artikel Saudara Kembar dari Sijuk, Semoga bermanfaat

BANGUNAN berdinding papan kelihatan di ujung tikungan. Hujan dan panas serta cat dan pelitur berulang selama hampir beberapa abad, membuat papan itu kini berwarna coklat. Sebagian papan telah diganti karena lapuk. Papan pengganti juga telah berusia puluhan tahun.

Ada juga bagian-bagian yang lain yg diganti. Tetapi, secara keseluruhan, bentuknya masih mirip seperti ketika dibangun pada awal abad ke-19 Masehi,” ujar Agus Pahlevi, pebisnis pariwisata Belitung.

Sejak didirikan, bangunan yg dikenal sebagai Masjid Al Ikhlas itu memang dibuat dari kayu. Bangunan di Desa Sijuk, Belitung, itu dibuat pada 1817. Tidak ada yg tahu pasti, siapa pembuat masjid itu.

Orang Belitung cuma tahu masjid itu yg tersisa dari empat masjid yg dibangun di Belitung pada awal abad ke-19 Masehi. Tiga masjid yang lain di Membalong, Kelapa Kampit, dan Badau telah lama tak ada lagi. Tidak ada yg ingat, kapan tiga masjid itu roboh atau hilang dari ingatan.

Di dinding Masjid Sijuk memang ada poster yg menerangkan sejarah masjid itu. Disebutkan, masjid itu dibangun beberapa bersaudara yg berasal dari Tiongkok. Mereka memeluk keyakinan berbeda, tapi tetap rukun dan saling membantu.

Dalam poster ditulis, Masjid Sijuk dibangun beberapa saudara itu setelah mereka membangun Kelenteng Sijuk pada tahun 1815. Kelenteng masih berdiri sampai sekarang di lokasi yg sama, tapi bentuknya telah baru setelah direnovasi dua tahun lalu.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/27/173357127/saudara.kembar.dari.sijuk
Terima kasih sudah membaca berita Saudara Kembar dari Sijuk. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Saudara Kembar Dari Sijuk"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.