Saingan Baru Pantai Bira Di Sulsel, Pantai Apparalang

No comment 141 views

Berikut artikel Saingan Baru Pantai Bira di Sulsel, Pantai Apparalang, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Cantiknya Pantai Bira di Sulsel memang telah jadi rahasia umum. Tapi kini Bira milik saingan yg enggak kalah cantik, Pantai Apparalang.

Menikmati perjalanan sepanjang 190 KM dari Kota Makassar hingga Tebing Apparalang memang agak melelahkan. Perjalanan pertama melintasi Kabupaten Gowa. Kemudian Kabupaten Takalar yg terkenal mulai pertanian jagungnya dan memasuki Kabupaten Jeneponto yg terkenal mulai Coto Kudanya.

Enggak sampai situ, traveler masih harus melalui Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Bulukumba. Memasuki jalan poros Bulukumba-Bira menempuh jalan sepanjang 40 KM. Namun ada suguhan menabjukkan, hijaunya persawahan di sebelah kiri dan lautan luas di sebelah kanan.

Kabupaten Bulukumba memang terkenal memiliki pantai-pantai yg indah, salah satunya Pantai Apparalang ini atau tidak jarang disebut juga tebing Apparalang. Apparalang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba. Apparalang ketika ini menjadi pesaing Pantai Bira yg telah terkenal lebih dahulu.

Apparalang tak memiliki pesisir ataupun hamparan pasir seperti pantai pada umumnya. Apparalang sendiri memiliki tebing-tebing batu karang yg cantik yg mengelilinginya. 

Air laut jernih dengan gradasi warna hijau tosca membuat kami bisa melihat sampai bagian dasarnya. Ikan-ikan pun sesekali kelihatan berenang kesana kemari. 

Dari atas tebing kalian bisa menikmati angin laut yg menyegarkan tubuh yg mampu menghilangkan rasa lelah setelah menempuh perjalanan jauh. Pemandangan ini mulai membuat segala pengunjung mulai terpesona mulai keindahan Apparalang.

Pengelola di Apparalang ini juga menyediakan tangga untuk para pengunjung yg ingin menuruni tebing. Di bawah tebing telah dibangun anjungan buat para berselfie atau sekedar duduk-duduk bercengkrama dengan teman.

Di Anjungan ini juga terdapat papan yg digunakan para pengunjung bagi berlompat indah ke laut. Pengelola juga memiliki fasilitas snorkling seandainya keadaan ombak sedang tenang.

Untuk menuju Apparalang sangatlah gampang karena telah banyak petunjuk jalan yg terpasang. Jika kalian dari Makassar, pertama kami harus menuju Kabupaten Bulukumba dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam. Setelah memasuki Kabupaten Bulukumba, kalian tinggal mengikuti jalan poros Bulukumba-Bira.

Jalan Poros ini cukup panjang dan pemandangan yg kelihatan sangat bagus. Setelah menempuh waktu kurang lebih 45 menit, kami mulai menemukan papan petunjuk menuju Apparalang disebelah kiri jalan. Pengunjung cuma tinggal belok kiri dan mengikuti papan petunjuk jalan saja.

Jalan mulai semakin sempit dan dua masih ada yg rusak karena Apparalang ini masih dalam proses pengembangan oleh pengelola. Memasuki kawasan Apparalang hutan dan pohon-pohon besar menyambut kami. 

Setidaknya ini tidak mengurangi kesejukan didalam perjalanan. Untuk memasuki kawasan Appralang, dipungut Retribusi sebesar Rp5000 per orang dan Mobil Rp 20.000.

Apparalang ini mampu disebut juga Uluwatunya Bulukumba karena tebing-tebingnya hampir mirip. Jadi kapan kamu mau kesini?

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/04/152600/3422980/1025/saingan-baru-pantai-bira-di-sulsel-pantai-apparalang
Terima kasih sudah membaca berita Saingan Baru Pantai Bira di Sulsel, Pantai Apparalang. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Saingan Baru Pantai Bira Di Sulsel, Pantai Apparalang"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.