Saatnya Mencoba Kuliner Favorit Sultan HB IX Di Mal Ini…

No comment 135 views

Berikut artikel Saatnya Mencoba Kuliner Favorit Sultan HB IX di Mal Ini…, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Tak perlu jauh-jauh pergi ke Yogyakarta buat mencicipi kuliner kegemaran raja-raja. Di Kampoeng Legenda, Mal Ciputra, Jakarta. yg digelar 10-21 Agustus 2016, Anda bisa coba kuliner khas keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Sebab Restoran Bale Raos yg menyajikan hidangan khusus buat keraton Ngayogyakarta Hadiningrat membuka stand di acara Kampoeng Legenda dan memboyong sepuluh menu favorit untuk para warga Jakarta.

Sepuluh menu favorit yg diboyong Bale Raos adalah gudeg manggar set, betak ayam, gecok ganem, nasi merah wonosari, bestik jawa, bestik lidah, beer djawa, beras kencur, manuk nom, dan prawan kenes.

Beberapa makanan seperti bestik jawa, bestik lidah, dan gecok ganem adalah kegemaran dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Tentunya KompasTravel tidak mau melewatkan buat coba kuliner kesultaan Sultan Hamengku Buwono IX ini ketika kunjungan ke Kampeng Legenda, Mal Ciputra Jakarta, Kamis (11/8/2016). Pilihan jatuh pada hidangan gecok ganem yg terdengar asing.

Hidangan sempat populer di kalangan masyarakat Yogyakarta pada era tahun 1950-an, tapi sekarang telah langka. Gecok ganem adalah sajian daging sapi giling yg dibentuk bulat dan berkuah.

Jangan bayangkan bakso, karena jelas daging giling gecok ganem tidak memiliki komposisi tepung yg banyak seperti bakso yg bertekstur membal. Gecok ganem dilengkapi kuah bewarna putih, mengingatkan mulai sayur lodeh.

Saat dicicip rasanya memang mirip lodeh! Apalagi dengan tambahan cabai merah dan hijau besar seperti halnya lodeh. Bedanya pada gecok ganem ada tambahan buah tomat yg membuat makanan ini segar.

Kompas.com/Silvita Agmasari Stand Bale Raos di Kampoeng Legenda, Mall Ciputra, Jakarta.

Untuk menyantap gecok ganem, bisa ditemani nasi. Tetapi KompasTravel lebiih menyukai tanpa disantap dengan nasi. Karena rasa kuahnya yg ringan mulai jadi hambar apabila disantap nasi. Gecok ganem lebih cocok sebagai menu pembuka, ketimbang menu inti.

Untuk menyantap gecok ganem di stand Bale Raos, Kampung Legenda, Mal Ciputra, Anda cuma perlu mengeluarkan kocek Rp 25.000 bagi sesuatu porsi. Harga sajian yang lain di Bale Raos juga bersahabat, akan Rp 10.000 hingga Rp 100.000.

Namun demikian di acara Kampoeng Legenda, pengunjung harus memakai kartu Brizzi, bagi melakukan transaksi yg bisa dibeli di tempat acara. Pameran ini buka dari pukul sepuluh pagi sampai makanan habis.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/08/12/180300727/Saatnya.Mencoba.Kuliner.Favorit.Sultan.HB.IX.di.Mal.Ini.
Terima kasih sudah membaca berita Saatnya Mencoba Kuliner Favorit Sultan HB IX di Mal Ini…. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Saatnya Mencoba Kuliner Favorit Sultan HB IX Di Mal Ini…"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.