Saat Musik Patrol Khas Banyuwangi Berpadu Dengan Jazz, Ini Yang Terjadi

Berikut artikel Saat Musik Patrol Khas Banyuwangi Berpadu Dengan Jazz, Ini Yang Terjadi, Semoga bermanfaat

Banyuwangi – Banyuwangi milik banyak cara menarik wisatawan. Traveler dapat nikmati asyiknya musik jazz berpadu dengan patrol, alias jazz patrol bila liburan ke Banyuwangi.

Asyiknya menjelajahi Kampung Wisata Temenggungan (Kawitan) di Banyuwangi mulai semakin lengkap saat mendengarkan musik patrol yg berpadu dengan aransemen jazz. Jangan salah lho traveler, musik jazz khas Temenggungan telah dikenal hingga mancanegara.

Sudah banyak musisi jazz internasional yg telah tampil buat nge-jamm bersama kelompok musik jazz patrol Temenggungan. Keren bukan?

Musik patrol yaitu musik perkusi bambu yg dimainkan dengan alat musik berupa seruas bambu petung (bambu yg besar), dengan beberapa buah lubang kecil memanjang sebagai ruang resonansi, yg dipukul dengan beberapa buah stick kayu. Lagu-lagu yg dimainkan memakai laras pentatonik berbasis angklung (dengan nada-nada do-re-mi-sol-la).

“Kita main jazz patrol apa adanya itu, banyak yg bilang dirasa mirip musik Amerika Latin. Kita enggak tahu, wong enggak pernah ndengerin lagu-lagu luar, kalau nyambung alhamdulilah,” kata Ketua Kelompok Jazz Patrol Eko Rastiko kepada detikTravel dua waktu lalu.

Grup musik Patrol khas Banyuwangi (Aditya/detikTravel)Grup musik Patrol khas Banyuwangi (Aditya/detikTravel)

Eko menjelaskan meskipun irama musik patrol kerap dikatakan mirip dengan musik Amerika Latin, dia menyebut kelompoknya bermain sesuai pakem dengan aransemen jazz ala musisi Temenggungan.

“Pokoknya ala kita. Semakin wisatawan bilang mirip-mirip artinya lebih mudah dikenalkan,” tukasnya.

Aransemen lagu-lagu Banyuwangi itu digarap sendiri oleh Eko dan adiknya Sumanjaya yg memiliki darah seni dari buyutnya. Meski mengusung embel-embel jazz, alat musik yg dimainkan dalam jazz patrol terbilang sederhana.

“Kami memanfaatkan yg ada, seperti suling kalian untuk dari paralon dan kabasah kalian bagi sendiri dari paku. Lainnya alat musik yang lain seperti keluncing (triangle), cello, gitar, angklung kita masih pinjam,” tukasnya.

Sebagai pendatang baru dalam dunia musik jazz, keunikan suara patrol dan angklung rupanya memikat sederet artis jazz papan atas seperti Claude Colpaert, Junichi Usui dan terakhir Rodrigo Parejo bagi tampil ke Banyuwangi. Saat tampil di Temenggungan mereka ikut larut dalam irama jazz patrol dan tidak gengsi tampil di jalanan depan kantor kelurahan. Oh iya, kedatangan musisi jazz kelas dunia ini atas keinginan mereka sendiri jadi free alias gratis.

“Pertama kali dengar musik jazz patrol ini dari youtube, aku rasa ada kemiripan dengan musik Samba dari Brazil. Saya senang pentas di sini bisa energi saat main di jalan kampung, orang keluar rumah dan ikut menikmati jazz dahulu menari-nari. Mereka tampak senang dan natural,” jelas Rodrigo usai pentas di Temenggungan dua waktu lalu.

 Saat Rodrigo Parejo nge-jamm bareng jazz patrol di  Banyuwangi (Aditya/detikTravel) Saat Rodrigo Parejo nge-jamm bareng jazz patrol di Banyuwangi (Aditya/detikTravel)

Saat ini jazz patrol Temenggungan akan dikenal masyarakat luas. Mereka kerap manggung di Jember, Malang, dan Surabaya. Bahkan, ketika ini mereka tengah menyiapkan diri bagi manggung ke Malaysia.

“Jazz Patrol diundang main di acara Celebrate World Music Festival di Malaysia. Nantinya kalian tampil bersama Trie Utamie dan Dewa Budjana,” kata Ulfa Hidayati yg menjadi manajer Jazz Patrol Temenggungan.

Ulfa menjelaskan Rodrigo dan musisi jazz asing lainnya itu dapat hadir ke Temenggungan berkat kemajuan teknologi. Setiap dokumentasi pentas atau kegiatan jazz patrol mereka unggah di akun media sosial.

“Dari situlah biasanya mereka menghubungi kita buat pentas di Temenggungan. Alhamdulilah segala tamu yg main di sini puas,” tukasnya.

Kelompok musik jazz patrol ini pun bersiap menghibur wisatawan yg hadir di Temenggungan. Selain dewasa ada juga kelompok musik jazz patrol yg terdiri dari anak-anak. Wisatawan yg berminat menikmati alunan musik patrol dapat menghubungi kantor kelurahan Temenggungan.

Warga asyik berjoget dengan alunan musik jazz patrol Banyuwangi (Aditya/detikTravel) Warga asyik berjoget dengan alunan musik jazz patrol Banyuwangi (Aditya/detikTravel)

(wsw/wsw)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/25/105000/3306140/1519/saat-musik-patrol-khas-banyuwangi-berpadu-dengan-jazz-ini-yang-terjadi
Terima kasih sudah membaca berita Saat Musik Patrol Khas Banyuwangi Berpadu Dengan Jazz, Ini Yang Terjadi. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Saat Musik Patrol Khas Banyuwangi Berpadu Dengan Jazz, Ini Yang Terjadi"