Saat Miniatur Kota Sydney Berada Tepat Di Bawah Kakimu

No comment 158 views

Berikut artikel Saat Miniatur Kota Sydney Berada Tepat di Bawah Kakimu, Semoga bermanfaat

Sydney – Liburan ke Sydney, Australia traveler dapat mampir ke Customs House. Di bangunan bersejarah ini, ada miniatur Kota Sydney yg berada tepat di bawah kakimu.

Kota Sydney memang dikenal sebagai kota pelabuhan sejak ratusan tahun silam, bahkan hingga sekarang. Salah sesuatu saksi sejarah Sydney sebagai kota pelabuhan adalah bangunan bernama Customs House.

Customs House adalah bangunan bersejarah yg berada di kawasan Circular Quay, Sydney. Bangunan ini adalah gedung Bea Cukai pertama yg dibangun di Sydney.

detikTravel berkesempatan berkunjung ke Customs House atas undangan Tourism Australia dan maskapai Garuda Indonesia. Di bangunan ini, kita menikmati jamuan makan malam di Cafe Sydney yg berada di lantai teratas alias rooftop dari bangunan Customs House.

Penampakan Customs House dari luar (Wahyu/detikTravel)Penampakan Customs House dari luar (Wahyu/detikTravel) Foto: Wahyu Setyo Widodo

Sejarahnya, bangunan Customs House dibangun pada medio 1844-1845. Begitu jadi, gedung ini segera difungsikan sebagai kantor Bea dan Cukai. Setiap kapal yg masuk dan bersandar di Pelabuhan Sydney, mulai dipungut uang retribusi yg seluruh pencatatannya dikerjakan di Customs House.

Sempat dua kali alih fungsi, kini Customs House jadi salah sesuatu landmark Kota Sydney. Di bagian lantai dasar Customs House pun terdapat replika Kota Sydney dengan skala yg cukup besar.

Maket Kota Sydney di lantai dasar Customs House (Wahyu/detikTravel)Maket Kota Sydney di lantai dasar Customs House (Wahyu/detikTravel)

Replika Kota Sydney ini rampung dilakukan pada tahun 1998, oleh perusahaan arsitektur bernama Modelcraft. Beratnya kurang lebih sekitar 1 Ton, dengan ukuran panjang 4,2 meter x lebar 9,5 meter.

Replika ini pun dilindungi oleh kaca pelindung tebal, sehingga sangat aman. Wajar seandainya traveler yg ingin melihatnya, dapat menginjak kaca ini tanpa takut pecah.

Di dalam replika ini, tampak dua ikon Kota Sydney dalam ukuran yg lebih mini. Dari akan Sydney Opera House sampai Sydney Harbour Bridge juga ada. Lengkap!

Replika Sydney Opera House (Wahyu/detikTravel)Replika Sydney Opera House (Wahyu/detikTravel)

Ada juga gedung-gedung pencakar langit yg menghiasi Kota Sydney. Replika kota ini dilengkapi pula dengan nama kawasan atau bangunan, sehingga traveler yg melihatnya mendapat keterangan yg jelas tentang bangunan tersebut.

Traveler yg kebetulan sedang berada di Sydney, dapat mampir ke destinasi ini buat mengenal lebih dekat tentang sejarah Sydney sebagai kota pelabuhan. Alamatnya ada di 31 Alfred Street, Sydney.

Wisatawan melihat-lihat replika Kota Sydney (Wahyu/detikTravel)Wisatawan melihat-lihat replika Kota Sydney (Wahyu/detikTravel)

(rdy/rdy)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/15/122955/3447320/1519/saat-miniatur-kota-sydney-berada-tepat-di-bawah-kakimu
Terima kasih sudah membaca berita Saat Miniatur Kota Sydney Berada Tepat di Bawah Kakimu. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Saat Miniatur Kota Sydney Berada Tepat Di Bawah Kakimu"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.