Rumah Pohon Setinggi 50 Meter Di Perth Akan Merayakan Ulang Tahun Ke-75

Berikut artikel Rumah Pohon Setinggi 50 Meter di Perth Akan Merayakan Ulang Tahun Ke-75, Semoga bermanfaat

PERTH, KOMPAS.com – Sebelum penggunaan pesawat, drone, atau satelit bagi pemantauan, Australia Barat masih menggantungkan diri pada petugas yg ditempatkan di puncak pohon buat memantau kebakaran hutan.

Salah sesuatu rumah pohon itu kini masih bertahan dan memasuki usia 75 tahun. Akhir minggu ini,  akan ada perayaan bagi rumah pohon ini. 

Menurut konsultan manajemen kebakaran hutan, Roger Underwood, di hutan sekitar Kota Perth dan di Dwellingup serta Harvey, banyak perbukitan dan bebatuan yg cocok bagi dijadikan tempat pemantauan.

Namun hutan-hutan karri purba (hutan dengan pohon ekaliptus tinggi) di sekitar daerah Manjimup dan Pemberton, dengan pepohonan setinggi 50 meter dan lahan yg relatif rata, membawa tantangan tersebiri. Yaitu, bagaimana menemukan tempat yg lebih tiinggi dari pepohonan tersebut.

“Langkah pertama pengendalian kebakaran hutan adalah mendeteksi api. Yaitu dengan memiliki cara mendeteksi ketika apinya muncul, menentukan lokasinya dan melaporkannya,” kata Underwood kepada ABC.

“Para pengawas kehutanan terhalang saat mencoba membuat sistem pendeteksian api di sana,” jelas Underwood serya menambahkan, “Saat itu tidak ada tempat bagi membuat pemantauan.”

“Saat itulah mereka muncul dengan ide memakai pohon itu sendiri. Daripada jadi masalah, pohon itu dapat jadi solusi,” tambahnya.

Dua rumah pohon masih dapat dinaiki

Antara tahun 1937 dan 1952 terdapat 9 rumah pohon tempat pemantauan yg dibangun di area hutan karri.

Flickr/Doc44 via Australia Plus Yang ingin naik ke rumah pohon the Diamond Tree diperingatkan bagi berhati-hati.

Kini masih ada beberapa yg mampu dinaiki, merupakan rumah pohon Diamond Tree dan Gloucester Tree, keduanya setinggi lebih 50 meter.

Usia kedua pohon itu tak diketahui pasti namun diperkirakan paling tidakl berusia 250 tahun.

Dirayakan

Pada Sabtu (26/11/2016) minggu ini sekelompok peminat mulai berkumpul di lokasi pohon Diamond Tree guna merayakan 75 tahun sejak rumah pohon bagi pemantauan itu didirikan di sana.

Mereka juga mulai merayakan sejumlah “pahlawan” yg terkait dengan pembangunan tempat pemantauan api tersebut.

“Yang pertama adalah Don Stewart yg yaitu pengawas hutan di sini,” jelasnya.

“Dialah yg memikirkan ide berani bagi membuat tangga ke atas pohon itu dan menempatkan kabin di puncak pohon yg disambung dengan telepon serta menempatkan orang yg mulai memantau api dari atas sana,” kata Underwood.

Orang kedua yg di anggap berjasa adalah rekan Stewart bernama Jack Watson, yg memanjat sebanyak 40 pohon bagi menemukan yg paling tinggi dan paling cocok digunakan.

“Agak luar biasa karena pohon-pohon karri bukan cuma tinggi namun juga sedikit dahannya,” kata Underwood lagi.

“Tidak seperti memanjat pohon dari sesuatu dahan ke dahan lainnya. Ini kalian harus manjat lurus ke atas,” tambahnya. “Kulit pohon karri sulit karena ketika basah mulai berminyak dan sangat licin, orang-orang itu rata-rata memiliki kuku yg panjang,” kata Underwood.

Pahlawan ketiga bernama Dick Sprogue yg terkenal suka memangkas dahan-dahan pohon karri.

“Dia orang yg biasa merangkak di puncak-puncak pohon dan membersihkan dahannya,” katanya.

“Bayangkan saja berada di atas sana, 60 meter dari atas tanah, di pohon yg bergoyang, mengayunkan kapak buat memotong dahan-dahan. Orang-orang ini tangguh dan pemberani,” tambah Underwood lagi.

Peringatan buat pemanjat

Sebanyak 8 rumah pohon dipergunakan bagi tempat pemantauan setiap musim musim panas pada tahun 1973.

Flickr/John Evans via Australia Plus Foto rumah pohon Diamond Tree di tahun 1997.

“Dari tadinya 9 pohon, salah satunya dinamai Big Tree, turut terbakar namun untungnya tidak seorang pun berada di atas sana ketika kejadian,” tutur dia.

Pohon lainnya di daerah Pemberton kehilangan rumah pohonnya ketika terjadi badai angin Cyclone Alby di tahun 1979, sementara pohon yg lainnya lagi telah lapuk dan mati.

Baik rumah pohon Gloucester dan Diamond kini sudah direstorasi dan dinaiki ribuan pengunjung setiap tahun. Berani memanjat rumah pohon yg telah berumur tua ini?

Pihak Department of Parks and Wildlife setempat memperingatkan para pemanjat harus berhati-hati ketika menaiki pohon yg hampir tegak lurus tersebut.

Meskipun tidak pernah ada yg meninggal karena menaiki pohon itu, namun tercatat beberapa orang terkena serangan jantung setelah menaikinya, demikian disebutkan dalam situs Pemberton Visitors Centre. (Emma Wynne)

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/11/24/124706127/rumah.pohon.setinggi.50.meter.di.perth.akan.merayakan.ulang.tahun.ke-75
Terima kasih sudah membaca berita Rumah Pohon Setinggi 50 Meter di Perth Akan Merayakan Ulang Tahun Ke-75. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Rumah Pohon Setinggi 50 Meter Di Perth Akan Merayakan Ulang Tahun Ke-75"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.