Rumah Kurcaci Nan Unik Di Italia

No comment 132 views

Berikut artikel Rumah Kurcaci Nan Unik di Italia, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Seperti negeri dongeng, namun inilah Trullo. Rumah tradisional dari Puglia, Italia. Seperti rumah kurcaci!

Trullo adalah rumah tradisional yg berasal dari Region Puglia, Italia bagian selatan. Ciri khas rumah ini adalah berbentuk persegi, beratap kerucut, yg terbuat dari susunan batu.

Dindingnya yg sangat tebal (0,8-2,7 meter) membuat temperatur di dalam ruangan relatif tetap, hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas. Trullo umumnya mampu ditemukan tersebar di kebun-kebun zaitun dan anggur yg terhampar luas di Puglia, salah satunya di Kota Alberobello.

Alberobello adalah sebuah kota kecil yg terletak tidak jauh dari Kota Bari, ibu kota Puglia. Awalnya Alberobello adalah area hutan (Albero=pohon bello=cantik/indah). Pada abad ke-14, seorang tuan tanah memindahkan para pekerjanya ke Alberobello buat merambah hutan dan menjadikannya perkebunan.

Mereka tinggal di trulli yg dibangun dari susunan batu-batuan tersebut demi menghindari tagihan pajak dari pemerintah. Menurut peraturan ketika itu, trulli tak dianggap sebagai pemukiman permanen, karena dibangun tanpa memakai semen sebagai perekatnya. Jika sewaktu-waktu ada pemeriksaan, maka rumah-rumah ini dengan sangat gampang dihancurkan.

Di Kota Alberobello terdapat sekitar 1.500 trulli yg letaknya terlokalisasi, dan sudah menjadi situs kunjungan wisata. Kawasan ini masuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO karena keunikannya.

Saat ini trulli kebanyakan telah dipugar dan berubah menjadi hotel, cafe, toko, atau tempat tinggal permanen. Uniknya segala trulli di Alberobello dicat dengan warna putih bersih. Atap kerucutnya yg berwarna abu-abu, ditulisi dengan simbol-simbol keagamaan, yg mewakili kepercayaan para pemiliknya.

Berkeliling di jalanan sempit yg diapit oleh rumah-rumah kurcaci beratap kerucut, membuat para pengunjung seakan berada di dunia fantasi. Warna-warni bunga yg menjuntai dari pot-pot gantung di dinding trulli yg putih, membuat komplek tersebut tampak semakin cantik.

Beberapa warga membuka rumahnya buat dikunjungi oleh para pelancong. Mereka dengan senang hati mulai mengantar pengunjung ke setiap ruangan di dalam trullo dan memberi penjelasan dengan lengkap. Di akhir kunjungan mereka menyediakan sebuah kotak buat diisi uang secara sukarela oleh para pengunjung.

Tak di sangka, dalam rumah kurcaci yg mungil itu terdapat dua ruangan dan fasilitas yg lengkap. Di dalamnya terdapat ruang keluarga, kamar, dapur dan ruang makan, serta kamar mandi. Meski pun di luar ruangan panas terik dengan suhu 40 derajat celcius, namun ketika berada di dalam trulli tetap terasa sejuk.

Untuk menuju ke sana, dari Stasiun Bari Centrale, kalian menaiki kereta FSE (Ferrovie Sud-Est) dengan tujuan akhir Martina Franca. Harga tiket kereta api sekitar 4 euro (Rp 60 ribu) sekali jalan. Waktu perjalaan dengan kereta kurang lebih 1 jam, hingga sampai di stasiun Alberobello. Hamparan kebun zaitun dan anggur di sepanjang jalan membuat waktu 1 jam terasa sangat singkat.

Dari stasiun Alberobello, satu-satunya cara menuju kawasan trulli adalah dengan berjalan kaki sekitar 25 menit. Cukup jauh, namun petunjuk jalannya relatif gampang bagi diikuti.

Area Trulli di Alberobello terbagi beberapa yaitu, Rione Monti dan Aia Picola. Rione monti adalah kawasan turistik yg ramai dikunjungi wisatawan. Tempat ini dipenuhi oleh toko-toko suvenir, café, dan restoran. Sedangkan kawasan Aia picola, adalah kawasan perumahan yg relatif tenang dan sepi. Berjalan di area Aia picola seakan-akan berada di kota mati, sepi dan jarang berpapasan dengan penduduk setempat. JIka pengunjung ingin mendapatkan foto-foto yg jauh dari keramaian wisatawan, di Aia Picolalah tempatnya.

Tidak jauh dari area Aia Picola, terdapat view point (belvedere) yg terletak di bagian puncak. Dari ketinggian tempat ini  kalian bisa melihat Rione Monti secara keseluruhan, seperti melihat lembah dengan ratusan rumah kurcaci di dasarnya. Sungguh pemandangan yg menakjubkan. Belvedere ini adalah salah sesuatu tempat favorit pengunjung bagi mengambil gambar dan mengabadikan kenangan mereka di Alberobello.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/13/094000/3266481/1025/rumah-kurcaci-nan-unik-di-italia
Terima kasih sudah membaca berita Rumah Kurcaci Nan Unik di Italia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Rumah Kurcaci Nan Unik Di Italia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.