Road Trip Malaysia-Singapura Naik Bus Tingkat

No comment 188 views

Berikut artikel Road Trip Malaysia-Singapura Naik Bus Tingkat, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Bepergian anta negara naik bus asyik juga lho. Kalau dari Singapura ke Malaysia misalnya, ada bus tingkat yg mulai mengantar traveler ke tujuan.

Belakangan ini moda transportasi seperti bus tingkat dan sleeper bus tengah ramai diperbincangkan di Indonesia. Namun di negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand, bus tingkat telah lebih lalu dipakai sebagai alat transportasi antar kota.

Kali ini rute yg aku dan suami mencoba dari kawasan Golden Mile Complex (GMC) di Singapura menuju ibukota Malaysia, Kuala Lumpur. Sebenarnya, alternatif lainnya mampu naik bus dari Queen Street Bus Terminal, tiketnya lebih murah. Tapi harus menyambung lalu ke Johor Bahru. Karena terbatasnya waktu, kita pilih yg segera saja ke KL.

Cukup banyak perusahaan otobus yg menawarkan jasa transportasi bus ke KL dari GMC. Tak sedikit pula yg memberi paket perjalanan ke dua destinasi wisata di Malaysia, atau Thailand. Di pusat perbelanjaan yg didominasi pendatang Thailand ini juga menyediakan fasilitas money changer.

Tiket mampu dibeli langsung, atau via online. Kami memilih PO Grassland dengan keberangkatan pukul 10.00. Harga tiketnya 37 SGD dan estimasi perjalanan sekitar 6 jam.

Sekitar sesuatu jam perjalanan, kalian singgah lalu di gedung imigrasi Singapura, tepatnya Tuas Checkpoint bagi pengecekan dokumen. Lalu lanjut menyeberang jembatan menuju Malaysia.

Yang menarik, ketika kalian berkunjung jembatan tengah diselubungi kabut pekat yg membuat ujung bagian Malaysia tidak kelihatan mata. Seolah jembatannya tidak berujung. Padahal, di ujung bagian Malaysia, kita harus kembali keluar bus bagi pemeriksaan dokumen kembali.

Sepanjang perjalanan, laju bus seolah tidak terhalang. Maklum, jalur yg dilalui adalah tol nan lebar dengan pemandangan kebun kelapa sawit di sisi kanan dan kiri. Cukup membosankan dan membuat mata mengantuk.

Sekitar jam makan siang, di daerah Yong Peng, Johor Bahru, bus berbelok keluar jalan tol, alias lebuh raya. Tujuannya tempat peristirahatan yg mengintegrasikan rumah makan, pujasera dan toko oleh-oleh khas Malaysia.

Setengah jam waktu istirahat kalian manfaatkan buat makan, minum, beli oleh-oleh dan ke toilet. Maklum, meskipun bus tingkat, tetapi tidak tersedia fasilitas toilet dalam bus jenis bus AKAP di Indonesia. Sehingga ketika berhenti istirahat harus dimanfaatkan buat buang air juga.

Jam 3 sore, bus kita singgah ke kota pemberhentian pertama di Seremban, Negeri Sembilan. Keluar tol, bus ini cuma menurunkan dua penumpang di perempatan pertama kemudian berputar kembali masuk ke tol.

Dan akhirnya, sekitar sesuatu setengah jam kemudian bus kalian datang di pemberhentian terakhir, yakni Plaza Imbi di KL. Kami pun melanjutkan perjalanan menuju penginapan di Pudu Sentral dengan menaiki monorail disambung dengan LRT.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/08/113500/3396180/1025/road-trip-malaysia-singapura-naik-bus-tingkat
Terima kasih sudah membaca berita Road Trip Malaysia-Singapura Naik Bus Tingkat. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Road Trip Malaysia-Singapura Naik Bus Tingkat"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.