Ribuan Pasukan Terakota Penjaga Makam Kaisar China

No comment 200 views

Berikut artikel Ribuan Pasukan Terakota Penjaga Makam Kaisar China, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Liburan ke Kota Xian di China, kamu mampu menjumpai ribuan patung terracota penjaga makam kaisar. Patung ini dibuat dengan sangat detail dan bikin kagum.

Apa sih uniknya kota Xian? Bagi dtraveler yg ingin berkunjung ke Kota Xian yg berjarak 1.500 Km dari Kota Shanghai ini, jangan lupa bahwa lalu kota xian yaitu ibukota pertama China. Dibangun sebelum abad ke-2 Masehi, kota ini didiami oleh 4 dinasti merupakan dinasti Zhou, Han, Qin dan Tang hingga abad ke 12.

Kemudian setelah dinasti Ming berdiri, ibu kota negara pindah ke Beijing. Dari kota Xian inilah perjalanan sejarah yg mengubah dunia terjadi merupakan Silk Road-jalur sutra, sebuah jalur perdagangan terpanjang dan terumit di dunia antar benua.

Xian yaitu kota satelit di zamannya dan dikunjungi oleh beragam suku bangsa. Tidak aneh apabila kota ini menjadi rebutan bahkan oleh Jengis Khan sekalipun. Tujuan wisata penting dari kota ini merupakan menyaksikan salah sesuatu tujuh keajaiban dunia merupakan pasukan terracota. Ada 8.099 pasukan dan kuda yg terbuat dari tanah liat bagi menjaga makam sang kaisar-Qin Shi Huang.

Dibangun pada tahun 210 Masehi, proyek makam ini membutuhkan 700.000 pekerja bagi membuat 8.099 patung tanah liat beserta kuda dan karena keadaan alam serta gempa bumi hebat, artefak sejarah ini terkubur dan baru ditemukan oleh seorang petani ditahun 1974.

Hingga ketika ini pengerjaan penggalian serta restorasi masih dilakukan. Bayangkan bagi memperbaiki 8.099 patung tanah liat yg dua di antaranya telah hancur akibat dimakan waktu. Tentu dibutuhkan waktu dan biaya yg besar.

Tidak aneh apabila tiket masuk menuju lokasi museum ini dipatok seharga 150 Yuan. Buka dari pukul 08.30-18.00 waktu setempat, dan buat transportasi mampu memakai free shuttle bus dari Xian North Railway.

Tapi buat lebih praktis dengan group mampu sewa van seharga 300 Yuan PP serta sharing, tentu lebih murah bagi transportasi. Ada 4 pemberhentian museum dan masing-masing dengan luasan yg berbeda. Setiap pit memiliki keunikan tersendiri, yg paling luas merupakan pit 2 yg dilengkapi dengan pasukan berkuda.

Setiap wajah pasukan dibuat berbeda-beda dan memakai baju, dua diantaranya dihiasi baju jirah perang serta pedang dari besi. Bahkan ditemukan kuda berlapis emas serta perak dan tembaga. Decak kagum tiada henti bagaimana jaman lalu saja telah secanggih ini. Setiap detail dan raut wajah terus berbeda sesuai jabatan, bahkan ini dikerjakan cuma buat menjaga Sang Kaisar.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/10/114900/3418119/1025/ribuan-pasukan-terakota-penjaga-makam-kaisar-china
Terima kasih sudah membaca berita Ribuan Pasukan Terakota Penjaga Makam Kaisar China. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ribuan Pasukan Terakota Penjaga Makam Kaisar China"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.