Rekomendasi Warung Angkringan Sedap Untuk Nongkrong Di Solo

No comment 160 views

Berikut artikel Rekomendasi Warung Angkringan Sedap Untuk Nongkrong di Solo, Semoga bermanfaat

Solo – Belum lengkap rasanya bila liburan ke Solo tanpa nongkrong di warung angkringan. Obrolan hangat bersama sahabat, ditemani jajanan dan minuman hangat memang paling pas. Berikut aneka rekomendasinya!

Mengeksplorasi masakan khas Kota Solo, itu mirip dengan menyelam di Raja Ampat, Papua. Nggak ada habisnya! Penuh sensasi dan bikin ketagihan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mengingatkan kepada para wisatawan yg tiba liburan ke Solo, agar langsung menggali kekayaan kuliner di salah sesuatu kota pusat peradaban Jawa Tengah tersebut.

“Nanti jadi malas pulang ke Jakarta, atau balik ke tempat kerja. Ketagihan kuliner Solo,” kelakar Menpar Arief Yahya dalam informasi persnya kepada detikTravel, Selasa (12/7/2016).

Bagaimana tidak? Sudah rasanya selangit, harganya murah meriah. Dua kelebihan yg sulit tertandingi oleh daerah manapun. Ada sesuatu macam warung yg ingin dikenalkan ke publik oleh Arief.


Warung HIK, alias warung angkringan (Hari Setiawan/d’Traveler)

Namanya HIK, entah darimana yang berasal usul nama itu, tetapi segala wong Solo telah paham apa itu HIK. HIK konon singkatan dari Hidangan Istimewa Kampung. HIK dalam bahasa Jawa mampu juga berarti tempat duduk di emperan samping gapura kampung yg yaitu cikal bakal wedangan HIK yg terus menempel di emperan.

HIK itu semacam warung angkringan, yg tersebar di ratusan titik lokasi di Solo. Biasanya mengambil lokasi di dekat perempatan, pertigaan, emperan jalan, dengan tenda warna orange atau biru yg tak tembus guyuran hujan.

Ada lampu teplok, lampu minyak tanah dengan kaca penghalau angin. Si penjual duduk di antara beberapa gerobok kiri kanan, sesuatu sisi ada anglo, tempat membakar dengan batu arang hitam. Satu sisi lagi, biasanya bagi menanak air minum, buat membuat wedang panas.

Nama yang lain HIK juga Wedangan. Menu wedangan yg populer adalah sego kucing, berupa nasi sesuatu kepal yg dibungkus daun pisang, dengan sesisir ikan bandeng dan sambel.
 
Presiden Joko Widodo dan hampir seluruh pejabat di Solo, suka nongkrong di Wedangan HIK. Nah, berikut 10 HIK paling gayeng di Solo yg mampu jadi referensi para pemudik dan wisatawan nusantara yg mampir ke Kota Solo:


Warung HIK juga dikenal sebagai wedhangan (Dyka Nuangsa/d’Traveler)

1. Wedhangan Pak Dhie

Salah sesuatu wedangan nasi bandeng original yg pertama dan tertua di Solo adalah Wedhangan Pak Dhe. Racikan jahe coklatnya bikin ketagihan! Lokasi ini berada di area pintu belakang Keraton Mangkunegaran, sebelah Institut Tari Mangkunegaran, Solo.

2. Wedhangan Pendhopo

Wedhangan kedua yg mampu disambangi adalah Wedhangan Pendopo. Warung ini langganannya Presiden Joko Widodo. Lokasinya berada di area seberang Rumah Turi Hotel, Solo.

3. Wedhangan Omah Lawas

Rekomendasi ketiga merupakan Wedhangan Omah Lawas. Nuansa rumah kuno art deco yg telah seharusnya masuk Benda Cagar Budaya (BCB).

4. Wedhangan Tiga Tjeret

Berada di urutan keempat, ada Wedhangan Tiga Tjeret. Konsep wedhangan sesuatu ini modern dan unik. Lokasinya ada di seberang Keraton Mangkunegaran, Solo.

5. Wedhangan Waroeng Keroepoek

Konsep wedhangan yg beratmosfir suasana kreatif dan juga menyajikan masakan-masakan khas Solo zaman dulu, seperti sate kere, nasi penyetan jangan, dan lain-lain. Alamatnya ada di Jl Dr Radjiman, seberang toko sepeda Tjin Poe, Solo.

6. Wedhang Dongo Untung

Warung wedhangan berikutnya adalah Wedhang Dongo Untung. Warung sesuatu ini komplit menyajikan wedang dongo, sekoteng, asle dan masih banyak yg lainnya. Alamatnya ada di Jl RE Martadinata, area Warung Miri, Solo.

7. Wedhangan Sri Rejeki

Wedhangan komplit dengan sajian dongo, sekoteng, dan yg lainnya. Warung ini berada di area Gajahan, sekitar tembok keraton Kasunanan, Solo

8. Wedhangan MARKOBAR

Cafe wedangan besutan Gibran Rakabuming Raka yg menyajikan martabak terang bulan dengan varian 8 rasa. Lokasinya berada di samping Solo Grand Mall, Solo.

9. Wedhangan Mul Gaul

Wedhangan unik yg terkenal dengan minuman JKJ (Jahe Kencur Jeruk) dan Tempe Gembusnya yg sedap. Warung ini berada di sekitar Karanganyar, Solo.

10. Wedhangan PAKEM
 
Wedhangan sesuatu ini bernuansa Pasar Tradisional karena terletak di lantai 2 pasar tradisional di Pasar Kembang. Alamatnya di Jl Honggowongso, Pasar Kembang, Solo.

“Anda penasaran? Jangankan Anda, Saya juga kangen suasana wedangan HIK Solo!” tutup Menpar Arief Yahya.

Selamat berwisata kuliner di Solo! Salam #PesonaIndonesia.

(wsw/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/12/082628/3251201/1519/rekomendasi-warung-angkringan-sedap-untuk-nongkrong-di-solo
Terima kasih sudah membaca berita Rekomendasi Warung Angkringan Sedap Untuk Nongkrong di Solo. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Rekomendasi Warung Angkringan Sedap Untuk Nongkrong Di Solo"