Rebo Bontong, Tradisi Mandi Bareng Suku Sasak Di Lombok

No comment 260 views

Berikut artikel Rebo Bontong, Tradisi Mandi Bareng Suku Sasak di Lombok, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Walau hari Maulid Nabi sudah usai kemarin, tetapi kemeriahannya masih tersisa. Di Mataram, Lombok, malah ada tradisi mandi bareng atau disebut Rebo Bontong.

Sebagian masyarakat di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), menggelar tradisi Rebo Bontong atau tradisi mandi bersama di kali yg dilaksanakan setiap tahun pada Rabu terakhir bulan Safar.

Seorang tokoh masyarakat Dasan Agung, Kota Mataram, H Rohiman di Mataram, Selasa, mengatakan, tradisi Rebo Bontong atau mandi Safar tersebut dilaksanakan di dua tempat di Pulau Lombok. Antara yang lain di Dasan Agung (Kota Mataram), Pantai Tanjung Menangis, Kecamatan Pringgabaya dan Lombok Timur dan di Desa Kuranji, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat.

Khusus di Desa Kuranji, Kecamatan Labuapi, ritual Rebo Bontong dikerjakan dengan mandi bersama di sebuah sumur desa yg dikeramatkan.

Tradisi Rebo Bontong di Mataram dilaksanakan dengan cara mandi bersama di Sungai (Kokoq) Jangkuk yg dimulai Rabu siang hingga sore. Pada setiap perayaan mandi Safar tersebut, sepanjang kali Jangkuk dibanjiri masyarakat baik tua maupun muda buat melakukan ritual mandi bersama.

Menurut Rohiman, ritual mandi bersama pada perayaan Rebo Bontong yaitu tradisi yg dilaksanakan secara turun temurun sejak ratusan tahun silam yg diniatkan buat menyucikan badan menyambut perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

“Mandi bersama pada Rabu terakhir bulan Safar atau Rebo Bontong ini memiliki arti sakral buat sebagian masyarakat Lombok, karena mandi dimaksudkan bagi membersihkan dan menyucikan diri dari seluruh dosa dan salah,” katanya.

Ia mengatakan, jiwa dan raga harus suci sebelum memasuki perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, karena itu pada Rabu terakhir bulan Safar dilaksanakan ritual mandi bersama.

Tradisi Rebo Bontong juga yaitu sebuah nilai lokal yg menjadi ciri khas muslim Sasak di Lombok. Di dua provinsi yang lain di Indonesia tradisi tersebut dikenal dengan Mandi Safar

Tradisi serupa juga dilaksanakan oleh masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, yg dikenal dengan tradisi mandi Safar yg dikerjakan dengan mandi bersama di Sungai Mentaya Sampit yg juga dilaksanakan pada Rabu terakhir bulan Safar.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/13/114500/3361597/1025/rebo-bontong-tradisi-mandi-bareng-suku-sasak-di-lombok
Terima kasih sudah membaca berita Rebo Bontong, Tradisi Mandi Bareng Suku Sasak di Lombok. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Rebo Bontong, Tradisi Mandi Bareng Suku Sasak Di Lombok"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.