Rasa China Di Semarang

No comment 154 views

Berikut artikel Rasa China di Semarang, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Inilah tempat wisata yg wajib didatangi ketika berlibur ke Semarang. Kelenteng Sam Poo Kong, yg penuh sejarah dan suasana ala Negeri China.

Kelenteng Sam Poo Kong ini terletak di Desa Simongan, Bongasari, Semarang. Kelenteng Sam Poo Kong ini yaitu bekas tempat persinggahan pertama seorang Laksamana Tiongkok yg Muslim bernama Laksamana Cheng Ho. Selain itu, kelenteng ini juga disebut kelenteng Gedung Batu karena bentuknya yg yaitu sebuah batu besar pada sebuah bukit batu. Sekarang tempat tersebut dijadikan tempat bersembahyang dan juga tempat berziarah. Uniknya lagi meski Laksamana Cheng Ho seorang muslim, namun beliau tetap di agungkan dan dianggap dewa oleh mereka yg beragama Kong Hu Cu.

Di dalam kelenteng Sam Poo Kong ini terdapat dua bangunan yakni Klenteng besar, Klenteng Tho Tee Kong, Gua Batu, tempat pemujaan Kyai Juru mudi, Kyai Cundrik Bumi, Kyai Jangkar dan lainnya. Mengunjungi Kelenteng Sam Poo Kong ini serasa seperti berkunjung ke negeri Tirai Bambu tersebut karena suasana budaya China di are kelenteng ini sungguh kental terasa bahkan dari awal masuk ke sini. Dominasi warna merah dan emas pada sebagian besar bangunan disana serupa dengan yg biasa kalian temui seandainya berkunjung ke kelenteng di Cina.

Yang menjadi ikon dari Kelenteng Sam Poo Kong ini, adalah patung Laksamana Cheng Ho yg berdiri kokoh di area pelataran Sam Poo Kong. Dengan tinggi mencapai 12 meter lebih, patung Laksamana Cheng Ho yg berbahan dasar perunggu ini kelihatan gagah menjulang menantang langit. Di bawah patung ada pijakan berbentuk kotak yg terdapat informasi tentang autobiografi Laksamana Agung Cheng Ho. Di sana pengunjung mampu membaca riwayat hidup Laksamana Cheng Ho dengan singkat.

Di sini terdapat beberapa bagian wilayah yakni pelataran dan bagian dalam kelenteng yg biasanya cuma dipergunakan beribadah oleh orang yg beragama Kong Hu Cu. Aroma Hio terasa pekat menyengat hidung, tidak mengurangi suasana religius makin kental terasa.

Kalau berminat di sini pengunjung mampu menyewa kostum ala orang-orang Tiongkok dan berfoto-foto dengan latar belakang Kelenteng. Untuk harganya sendiri dapat ditanyakan segera ketika disana karena harganya variatif tergantung dengan pakaian apa yg disewa. Seru sekali rasanya mampu berfoto ala orang Tiongkok ini!

Jika anda berminat ke Kelenteng Sam Poo Kong ini tak perlu merogoh kocek yg dalam. Tiket masuknya sebesar 5.000 rupiah, namun itu cuma buat bangunan-bangunan yg ada di pelatarannya saja. Bila ingin masuk ke bangunan yg ada di area dalam Kelenteng anda mulai di kenakan tiket lagi sebesar 20.000 rupiah.

Kalau Anda lelah mengelilingi seharian, jangan khawatir karena pengelola menyediakan area khusus kuliner dan Anda mampu menikmati aneka penganan, dari akan makanan berat hingga cemilan nan lezat.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/05/131600/3413988/1025/rasa-china-di-semarang
Terima kasih sudah membaca berita Rasa China di Semarang. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Rasa China Di Semarang"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.