Pupuk Nasionalisme Di Garda Terdepan Perbatasan Indonesia

No comment 100 views

Berikut artikel Pupuk Nasionalisme di Garda Terdepan Perbatasan Indonesia, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Ada banyak cara bagi memupuk rasa nasionalisme. Satu yg mampu dicoba adalah traveling hingga ke Garda Terdepan Perbatasan Indonesia. Bikin bangga!

Bicara soal traveling, maka mulai terlintas mulai indahnya pantai, lautan yg bersih dan bening, serta alam pegunungan yg sejuk. Mungkin ada baiknya traveling yg sedikit lebih menantang, sekaligus mengenal keadaan real Indonesia dilihat dari pinggiran (perbatasan).

Berikut sedikit cerita mengenai perjalanan aku di Pulau Sebatik di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimatan Utara.

Salah sesuatu pesona dari pulau ini adalah keunikannya, merupakan terdapat rumah yg konon katanya posisi depan (teras) yaitu bagian dari wilayah Indonesia dan posisi belakang (dapur) bagian dari Malaysia.

Di sini ada bebarapa tugu perbatasan merupakan di Bukit Keramat, Tugu Perbatasan Garuda Perkasa dan Pos TNI AL Sei Pancang. Kondisi pos perbatasan di Bukit Keramat kondisinya memang agak ‘angker’ karena ada papan yg bertuliskan ‘Ragu-ragu, Lebih Baik Kembali’. Itu mungkin sebuah peringatan kepada para pendatang yg mulai masuk wilayah Indonesia.

Sedangkan di Pos Perbatasan di Sei Pancang kondisinya lebih tertata baik. Saat ini sedang direnovasi agar lebih kelihatan kuat dan kokoh sehingga dapat menunjukan identitas bangsa Indonesia.

Pada tahun 2014 silam, Presiden Joko Widodo bahkan naik segera ke menara tersebut bagi memantau keadaan di negara seberang. Jika malam tiba, kelihatan keadaan yg kontras antara gemerlap kota Tawau, Malaysia dengan keadaan di Sebatik, Indonesia.

Memang banyak sekali yg perlu dibenahi di Sebatik. Sebagai kawasan beranda depan NKRI, daerah itu membutuhkan perhatian serius Pemerintah Indonesia. Kekhawatiran mulai lunturnya rasa nasionalisme yg berdampak terhadap keutuhan NKRI juga menjadi masalah yang lain di wilayah perbatasan itu. Yang terpenting dan harus dicamkan oleh diri masing-masing, adalah bahwa NKRI harga mati!

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/11/01/104000/3284898/1025/pupuk-nasionalisme-di-garda-terdepan-perbatasan-indonesia
Terima kasih sudah membaca berita Pupuk Nasionalisme di Garda Terdepan Perbatasan Indonesia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pupuk Nasionalisme Di Garda Terdepan Perbatasan Indonesia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.