Punya Senja Yang Cantik, Ini Tempat Habiskan Weekend Di Belitung

Berikut artikel Punya Senja yang Cantik, Ini Tempat Habiskan Weekend di Belitung, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Lekuk alam Belitung memang telah terkenal mempesona. Traveler yg mau berakhir minggu mampu sambil hunting sunset mampu tiba ke sini, Pantai Antu.

Mau menelusuri pantai dari pagi hingga petang? Pulau Bangka tempatnya. Di pulau ini, terdapat begitu banyak pantai yg dapat dijelajahi dalam sesuatu kali jalan, dari pagi hingga petang menjelang.

Wisatawan dapat mendatangi sejumlah pantai yg letaknya tidak jauh dari pusat kota, sekadar buat menikmati senja. Tak jauh dari pusat Kota Pangkalpinang, ada pantai cantik yg cocok dijadikan sebagai tempat bagi menunggu senja, Pantai Tapak Antu.

Walaupun terletak di sisi timur Pulau Bangka, bukan berarti senja tidak cantik di sini. Yuk, nikmati senja di pantai ini.

Pantai Tapak Antu terletak di Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Seperti objek wisata yg ada di wilayah Bangka Tengah lainnya, sejumlah fasilitas juga telah dibangun di sini.

Ada tempat parkir, tempat bagi berjualan, toilet, serta musholla. Di Kepulauan Bangka Belitung, Kabupaten Bangka Tengah memang yaitu salah sesuatu kabupaten yg sangat konsisten terhadap pembangunan di bidang pariwisata.

Sejumlah tempat yg potensial bagi mendatangkan wisatawan dipoles agar kelihatan lebih menawan, termasuk Pantai Tapak Antu. Sayang, fasilitas yg telah dibangun itu tak terjaga dengan baik, bahkan sebagian telah kelihatan agak rusak.

Pemandangan di Pantai Tapak Antu cukup unik, dimulai dari populasi hutan mangrove di bagian utara hingga batu-batu granit ke arah selatan. Pohon-pohon dengan daun yg rindang berdiri dengan gagak di sepanjang bibir pantai, seolah kompak menjaga pantai ini dari cumbuan ombak yg dapat menyebabkan abrasi.

Cuma itu? Tidak. Masih banyak keunikan yang lain Pantai Tapak Antu yg wajib bagi dinikmati. Di antara populasi magrove dan pasir pantai yg terhampar memanjang misalnya, berdiri dengan elegan sebuah jembatan yg didesign khusus bagi pengunjung agar dapat lebih leluasa menikmati keunikan Pantai Tampak Antu.

Jembatan inilah yg menjadi identitas penting Pantai Tapak Antu kini sekaligus menjadi tempat favorit para pengunjung bagi berfoto. Pohon-pohon bakau yg tumbuh di sisi kiri dan kanan jembatan tidak mengurangi kesan menarik tempat ini.

Senja pun tiba. Setelah puas menikmati keunikan Pantai Tapak Antu dari atas jembatan, apabila laut sedang surut maka pengunjung mampu segera turun berjalan di atas pasir yg muncul ke permukaan.

Hal inilah yg aku lakukan manakala menikmati senja di pantai ini tempo hari bersama Debri, Renilda dan Fini Anggraini. Seperti yg telah aku sebutkan di awal, sekalipun terletak di bagian timur, senja di Pantai Tapak Antu tidak kehilangan pesona.

Lihat saja di ujung barat, matahari yg pelan-pelan tenggelam bagi menunaikan tugas esok hari, kelihatan begitu rupawan ketika berpadu dengan petang yg akan datang. Seketika suasana romantis menyelimuti Pantai Antu.

Lalu, mengapa tempat wisata yg sesuatu ini justru memiliki nama yg begitu menyeramkan di masyarakat? Ya, nama ini disematkan pada pantai ini sebab di dua bebatuan granit yg ada di pantai ini terukur telapak kaki menyerupai kaki manusia pada umumnya namun dalam ukuran raksasa.

Masyarakat setempat menduga itu adalah telapak kaki hantu yg menginjak batu-batu itu pada suatu ketika. Maka, jadilah masyarakat menyebut pantai itu dengan nama Tapak Antu,berasal dari kata Telapak dan Hantu. Menarik bukan? Cobalah tiba ke pantai ini ketika berlibur ke Pulau Bangka.dilah masyarakat menyebut pantai itu dengan nama Tapak Antu,berasal dari kata Telapak dan Hantu. Menarik bukan? Cobalah tiba ke pantai ini ketika berlibur ke Pulau Bangka.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/20/111100/3388234/1025/punya-senja-yang-cantik-ini-tempat-habiskan-weekend-di-belitung
Terima kasih sudah membaca berita Punya Senja yang Cantik, Ini Tempat Habiskan Weekend di Belitung. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Punya Senja Yang Cantik, Ini Tempat Habiskan Weekend Di Belitung"