Pulau Matasiri, Perawan Cantik Dari Kalimantan Selatan

No comment 247 views

Berikut artikel Pulau Matasiri, Perawan Cantik dari Kalimantan Selatan, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Di kalangan traveler, nama Pulau Matasiri di Kaimantan Selatan memang belum populer. Walau masih belum terjamah, namun indahnya bukan main.
 
Khalayak telah mengetahui, Indonesia memang terkenal dengan kepulauannya. Lantas bagaimana rasanya tiba ke sebuah pulau kecil tanpa listrik dan sinyal? Atau pulau yg justru lebih dikenal dengan rumor endemik malaria dan mistisnya. Ya, Pulau Matasiri.

Merupakan salah sesuatu pulau yg berada di kepulauan kecil Kalimantan Selatan, menyimpan sejuta teka-teki dan rasa penasaran buat kami, tim Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Surabaya.

Menginjak pertengahan tahun 2016 ini Kementerian Koordinator bidang Maritim (Kemenkomaritim), mengadakan kembali Ekspedisi Nusantara Jaya yg ke-2. Mengingatkan catatan petualangan kita di tahun lalu.

Bulan Ramadhan 2015 menjadi awal kita tergabung di tim ENJ Surabaya dan terbagi menjadi tiga tim buat menyambangi pulau-pulau kecil memakai kapal perintis.

Selain buat mendukung keberlangsungan program pemerintah mengenai tol laut, juga bagi memastikan keadaan terkini mengenai perangkat transportasi laut sampai infrastruktur penunjang di pulau-pulau tersebut.

Salah sesuatu pulau yg menjadi target kita adalah Pulau Matasiri. Di Pulau Matasiri ini selainmeninjau kondisi fasilitas pendukung transportasi laut, kalian coba fokus pada bidang kesehatan buat masyarakat pulau.

Perjalanan melewati “segitiga bermuda”-nya Indonesia, sampai berjumpa dengan sekawanan lumba-lumba memberikan kesan tidak terlupakan. Tiga hari lamanya tidur beralaskan dan beratapkan terpal dan tidak jarang malam menjamu dengan cuaca yg mendadak buruk.

Bahkan tidak jarang cipratan gelombang harus ikut kita rasakan. Tapi tenang saja, seluruh itu mulai terganti dengan ketakjuban ketika berada di pulau misterius ini.

Tiba di Pulau Matasiri kalian harus berpindah ke perahu yg lebih kecil, sebab dermaga yg sempat di bangun oleh Pemerintah SBY tak rampung terselesaikan dan menyebabkan kapal tak mampu bersandar.

Padahal seandainya diperkirakan pengerjaan dermaga ini telah mencapai 80%, namun kini cuma tersisa puing jejak pengerjaan. Pulau ini memiliki potensi sumber energi listrik dengan memanfaatkan sinar matahari. Kurang dari sepuluh rumah telah mendapatkan prototype berupa sel surya.

Namun tetap saja pulau dengan beberapa desa ini masih perlu mendapatkan perhatian, terutama
kesan dari kata terisolir dan endemik malarianya. Tak ada sinyal komunikasi seluler sama sekali. Jika kami mulai memakai telepon seluler non-satelit perlu usaha lebih dengan menempuh jarak sampai tiga jam lebih menuju pulau lain.

Berita mengenai endemik malaria telah jauh menurun dari apa yg orang luar pulau bincangkan dan pulau ini tidak seseram dari apa yg mereka katakan. Pulau ini luar biasa indahnya, dengan keasrian, dan semua potensi pariwisata yg sebenarnya bisa menunjang kesejahteraan masyarakat di sana.

Minimnya fasilitas pendidikan, kesehatan, telekomunikasi dan laju perekonomian yg masih rendah membuat pulau ini kurang terjamah potensinya.

Jadi, tidak perlu takut bagi berkunjung pada saudara kami di pulau ini, masyarakat yg ramah dan sejuta pesona alam, serta cerita menarik bisa kamu temukan di sini. Mari bantu suarakan dermaga, listrik, dan fasilitas komunikasi buat Pulau Matasiri yg lebih baik.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/05/134500/3287340/1025/pulau-matasiri-perawan-cantik-dari-kalimantan-selatan
Terima kasih sudah membaca berita Pulau Matasiri, Perawan Cantik dari Kalimantan Selatan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pulau Matasiri, Perawan Cantik Dari Kalimantan Selatan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.