Pulang Ke Jambi, Yuk Berenang Di Telaga Biru!

No comment 102 views

Berikut artikel Pulang ke Jambi, Yuk Berenang di Telaga Biru!, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Bagi traveler yg pulang kampung ke Jambi, mampu menjelajah Kabupaten Merangin ketika libur Lebaran kali ini. Ada Telaga Biru yg segar dan pemandangannya indah!

Berbicara tentang potensi wisata alam yg ada di Kabupaten Merangin, Jambi, memang tak pernah membosankan. Karena terus ada potensi wisata baru yg menarik bagi diperbincangkan.

 Mulai dari gunung, danau, sungai, air terjun, perkebunan holtikultura, dan masih banyak lagi. Telaga Biru adalah salah sesuatu di antaranya. Yaitu sebuah telaga dengan air berwarna biru yg elok nan menawan yg terletak ditengah lebatnya rimba bukit Sedingin di ketinggian 2033 mdpl, Kabupaten Merangin.

Selintas Telaga Biru mirip dengan Danau Kaco yg ada di Kerinci. Perbedaanya cuma terletak pada sumber air. Karena sumber air di Telaga Biru berasal dari bawah tanah sedangkan sumber air Danau Kaco terletak pada aliran sungai kecil yg segera menuju ke danau.

Telaga Biru memiliki diameter kurang lebih 20 meter dan kedalaman yg hingga kini masih menjadi misteri untuk para peneliti. Selain itu, di sekitar Telaga Biru juga terdapat dua air terjun yg bersiap menghipnotis setiap pasang mata yg memandangnya.

Untuk menuju telaga tersebut kalian mulai melewati perkampungan – perkampungan khas pengunungan dan diteruskan menuju Desa Tanjung Alam yg indah. Kemudian lanjut dengan melewati sawah dan perkebunan kopi punya warga.

Kondisi jalan bagi menuju telaga pun cukup sulit karena jalannya masih tanah sehingga motor trail yg cocok buat melintasinya. Waktu ke sana kita tak menggunakan motor trail jadi cukup sulit bagi melewati jalannya. Sekali-kali kalian pun terpeleset akibat licinnya jalan.

Motor pun kalian titip di ladang warga karena batas kami buat memakai motor tak memungkinkan lagi melihat keadaan jalan yg terjal yg harus kalian lalui. Selanjutnya dengan berjalan kaki mendaki Bukit Sedingin cukup menguras tenaga. Udara khas pengunungan pun tercium jelas.

Setelah kurang lebih 3 jam berjalan kaki kita pun datang di Telaga Biru. Semua usaha bagi sampai ke telaga pun terbayar telah dengan keindahan dan keunikan Telaga Biru. Di Telaga pengunjung mampu coba berenang dengan suhu air yg sangat dingin dan menikmati pemandangan yg indah.

“Insya Allah selesai Lebaran ini kita masyarakat Tj Alam mulai bergotong royong buat memperbaiki jalan menuju ke sana (telaga biru), karena masih banyak semak belukar,” tutur Sahreza Pahlepi selaku Kades yg terpilih.

Untuk ketika ini jalan menuju desa dalam proses pengerasan. Jadi dengan bagusnya jalan menuju desa mulai menunjang peningkatan pengunjung yg berdatangan.

“Tidak cuma itu, mulai dibuat juga homestay bagi pengunjung dan pembentukan kelompok sadar wisata, dalan hal ini kawan-kawan dari Perkumpulan Bumi Merangin bersiap menolong proses publikasi dan proses pembentukan kelompok sadar wisata,” tutur Deri selaku Ketua Perkumpulan Bumi Merangin.

Telaga Biru memiliki daya terik tersendiri. Airnya yg berwarna biru, suhu air yg sangat dingin melebihi suhu air kulkas dan di ketinggian 2.033 mdpl. Di sana juga terdapat dua air terjun di sekitar Telaga Biru.

Masyarkat desa Tj.Alam sangat mendukung sekali dan antusias seandainya Potensi di Desa mereka bisa terpulibikasi dan diketahui publik.

Info jarak tempuh:

Bangko – Desa Tj. Alam kurang lebih  4 jam.
Desa Tj. Alam – Batas pemberhentian motor terakhir 30 menit – Telaga Biru (jalan Kaki) kurang lebih 3 jam.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/02/101500/3243508/1025/pulang-ke-jambi-yuk-berenang-di-telaga-biru
Terima kasih sudah membaca berita Pulang ke Jambi, Yuk Berenang di Telaga Biru!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pulang Ke Jambi, Yuk Berenang Di Telaga Biru!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.