Prihatin Pantai Kotor, Pelaku Wisata Di Lombok Gotong Royong Pungut Sampah

Berikut artikel Prihatin Pantai Kotor, Pelaku Wisata di Lombok Gotong Royong Pungut Sampah, Semoga bermanfaat

MATARAM, KOMPAS.com – Prihatin dengan keadaan pantai yg kotor, pelaku wisata dan warga yg tergabung dalam Lombok Keep Clean Community (LKCC) melakukan aksi bersih-bersih di Pantai Duduk, Batu Layar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dengan membawa peralatan sederhana seperti kantong plastik dan sapu, mereka memungut sampah-sampah yg berserakan di sekitar pantai. Aksi mereka sempat menjadi tontonan warga yg tengah berwisata di Pantai Duduk.

Tidak cuma menonton, dua wisatawan bahkan ikut memungut sampah yg ada di sekitar tempat duduk mereka dan membuangnya di kantong plastik. “Kita telah adakan empat kali, pertama di Senggigi Beach, Pantai Kuta, Bandara dan di sini (Pantai Duduk),” kata koordinator LKCC, Pasek Arianta, di Mataram, Minggu (17/7/2016).

Pasek mengatakan, sebagian besar dari mereka yaitu pelaku wisata yg peduli terhadap kebersihan terutama di kawasan wisata. Tidak cuma orang dewasa, anak-anak pun ikut serta memungut sampah.

“Kemarin juga pas lebaran topat, kalian untuk pos mengimbau masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya, menjaga keamanan dan kebersihan,” kata Pasek.

Menurut Pasek, ketika ini masih banyak sampah yg berserakan di kawasan wisata terutama pantai. Hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran dari pengunjung dan pedagang bagi membuang sampah pada tempatnya.

Selain membersihkan pantai, komunitas ini juga memberi edukasi kepada pengunjung sekaligus pedagang yg sehari-hari berjualan di kawasan wisata buat ikut serta menjaga kebersihan.

Pasek memaparkan, apa yg dikerjakan komunitas ini akan membuahkan hasil. Meski belum signifikan, minimal telah ada kesadaran dari para pedagang di sekitar pantai bagi menjaga kebersihan.

“Ada perubahan, kemarin di Tanjung Aan sehari kotor. Kita edukasi pedagang itu, mau dia bersih-bersih,” katanya.

Ia berharap ke depan kebersihan destinasi wisata menjadi perhatian seluruh pihak, akan dari pemerintah, pelaku wisata, warga, termasuk wisatawan agar tak membuang sampah sembarangan. “Sehingga destinasi menjadi bersih dan wisatawan semakin nyaman tiba ke Lombok,” tambah Pasek.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/18/131700327/Prihatin.Pantai.Kotor.Pelaku.Wisata.di.Lombok.Gotong.Royong.Pungut.Sampah
Terima kasih sudah membaca berita Prihatin Pantai Kotor, Pelaku Wisata di Lombok Gotong Royong Pungut Sampah. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Prihatin Pantai Kotor, Pelaku Wisata Di Lombok Gotong Royong Pungut Sampah"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.