Pintar Menari Bali, Warga Jepang Pentas Di PKB

No comment 126 views

Berikut artikel Pintar Menari Bali, Warga Jepang Pentas di PKB, Semoga bermanfaat

DENPASAR, KOMPAS.com – Beberapa warga Jepang mengikuti pementasan seni tari di acara Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-38 di Taman Budaya atau Art Center Denpasar. Pementasan tarian di bawah naungan Sanggar Wira Kencana.

Pembina sanggar sekaligus guru tari adalah Ketut Wana yg telah bertahun-tahun mengajar tari kepada warga Jepang yg ada di Indonesia khususnya di Jakarta buat bisa mengenal seni budaya Bali.

“Kalau ikut pementasan di PKB telah sejak tahun 2000 lalu. Mereka (warga Jepang) sangat antusias, dan bersemangat, fokus dan konsisten. Satu tarian, sekitar tiga bulan baru mampu dikuasai oleh mereka,” kata Ketut Wana, di Denpasar, Minggu (26/6/2016).

Ketut Wana menjelaskan bahwa mengajari tari warga Jepang khususnya perempuan tak mengalami kesulitan berarti. Hanya sedikit persoalan pada postur tubuh yg kebanyakan berbadan mungil dan proses gerak sedikit kaku, walaupun tak semuanya. Selain itu memakan waktu lama buat membentuk penari yg diinginkan.

Kegembiraan para penari wanita yang berasal Jepang yg ditonton ratusan orang telah dibayar lunas dengan suguhan tariannya dengan tepukan tangan yg tidak henti-hentinya.

Para penari mengaku senang, dan banyak pengalaman ketika belajar tarian Bali saat tinggal di Indonesia ikut suami-suami mereka yg bekerja di Jakarta.

“Senang sekali. Ya, senang. Ada susahnya juga, gerak tangan, leher, kepala, mata, tidak jarang susah, susah. Saya telah lima tahun belajar tari Bali,” kata Reona Okada dengan bahasa Indonesia yg terbata-bata.

“Senang, senang. Setelah nari capek, tetapi senang sekali,” sambung Keiko Konda.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Tarian Puspa Mekar yg dipentaskan oleh warga Jepang di Pesta Kesenian Bali (PKB), Denpasar, Minggu (26/6/2016).

Tarian yg mereka pentaskan yg diiringi kelompok Gong Wahana Gurita Denpasar terdiri dari 8 tarian.

1. Tari Puspa Mekar

Ini tarian selamat tiba atau tarian penyambutan dengan kombinasi gerak yg dinamis diiringi alunan gamelan pelegongan. Penarinya: Tomiko Suganuma, Atsuko Otaka, Ai Okumura, Tomoko Nonaka, dan Shino Nakayama.

2. Tari Cilinaya

Adalah tarian yg melukiskan kecantikan Dewi Sri sebagai perlambang Dewi Kemakmuran atau Dewi Padi, diibaratkan sebagai boneka Cile yg menari-nari dalam gerakan yg sangat indah. Penarinya: Toshiko Hayashi, Keiko Nagayama, Naoko Kajiya dan Yuka Hasegawa.

3. Tari Oleg Tamulilingan

Merupakan sebuah tarian yg menggambarkan beberapa ekor kumbang jantan dan betina yg sedang memadu kasih di taman bunga. Penarinya: Yuri Hosho (oleg perempuan) dan Junko Takahashi (oleg pria).

4. Tari Legong Kuntul

Adalah tarian yg mengisahkan sepasang burung Kuntul yg asyik bercengkerama, sebagaimana mereka melakukan kebiasaannya sehari-hari dalam mencari makan, terbang dan bermain-main. Penarinya: Hitomi Kimura dan Akimi Inoue.

5. Tari Telek

Terdiri dari tarian Telek Putih yg melambangkan kelembutan dan kebijaksanaan dari seseorang, sementara Telek Merah lambang dari sifat tamak dan angkuh. Penarinya: Rei Shibata, Chizuko Sami, dan Mami Kimura.

6. Tari Puspanjali

Merupakan tarian ucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kemurahanNya dalam memberikan kedamaian di dunia. Penarinya: Mayu Murakami, Reona Okada, Ayako Miki, Kotono Morikawa, Yuki Uesaka, Kiyo Kondo, Keiko Konda.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Tarian Cilinaya yg dipentaskan di Pesta Kesenian Bali (PKB), Denpasar, Minggu (26/6/2016).

7. Tari Legong Keraton

Merupakan tarian yg menceritakan tentang permintaan Prabu Lasem dengan Putri Rangke Sari yg diakhiri dengan peperangan antara Prabu Lasem dengan burung Garuda. Penari: Shino Nakayama (pemeran Garuda), Kanako Tsunoda (pemeran Rangke Sari) dan Toniko Suganuma (pemeran Prabu Lasem).

8. Tari Siwa Nata Raja

Sebuah tarian yg mengisahkan Dewa Siwa sebagai raja dari segala penari, ketika mengubah dirinya menjadi penari hebat dalam berbagai karakter. Penarinya: Junko Takahashi (sebagai Dewa Siwa), Yuka Hasegawa, Toshiko Hayashi, Keiko Nagayama, Yuri Hosho (sebagai dayang-daya).

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/26/214835027/pintar.menari.bali.warga.jepang.pentas.di.pkb
Terima kasih sudah membaca berita Pintar Menari Bali, Warga Jepang Pentas di PKB. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pintar Menari Bali, Warga Jepang Pentas Di PKB"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.