Piknik D’Traveler Ke Museum Dan Gedung Juang 45 Bekasi, Asyik!

Berikut artikel Piknik d’Traveler ke Museum dan Gedung Juang 45 Bekasi, Asyik!, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Piknik bareng komunitas d’Traveler memang terus asyik. Menjelajahi Kota Bekasi, traveler mampu melihat saksi sejarah di Museum dan Gedung Juang 45 Bekasi.

Sabtu pagi 27 Agustus 2016, peserta piknik detik travel sudah bersiap berkumpul di pertemuan point kantor detikTravel. Salah sesuatu destinasi dari piknik detikTravel adalah Gedung Juang 45 dan Museum Bekasi.

Gedung Juang 45 Bekasi terletak dI Jl Hasanudin, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Gedung Juang 45 mempunyai ciri bangunan Art Deco beberapa lantai. Arsitekturnya masih dipertahankan seperti bentuk aslinya. Dengan bahan bangunan berkualitas prima, Gedung Juang 45 kelihatan masih tegak kokoh berdiri melampaui jamannya.

Gedung Juang 45 ini disebut juga Gedung Tinggi, dibangun tuan tanah bernama Kow Tjing Kie pada tahun 1906 dan selesai tahun 1910. Gedung Tinggi ini menjadi tempat perundingan dan pertukaran tawanan perang pejuang kemerdekaan dengan tentara Belanda.

Seiring berjalannya waktu, gedung ini menjadi saksi bisu sejarah dalam merebut kemerdekaan, pernah digunakan sebagai kantor pemerintahan, tempat perkuliahan Akademi Pembangunan Desa, tempat markas TNI, dan akhirnya sekarang terkesan dibiarkan tanpa perawatan yg memadai. Hal ini terbukti saat aku ke lantai beberapa gedung ini  ternyata dipenuhi kotoran kelelawar.

Masih sesuatu halaman dengan gedung tinggi terdapat museum Bekasi. Museum Bekasi adalah bangunan tua dengan isi ala kadarnya yg melengkapi cerita mengenai sejarah pejuang kemerdekaan dari Bekasi.

Di halaman depan gedung Tinggi terdapat monumen juang 45 dengan relief yg menggambarkan kisah pertukaran tawanan perang antara pejuang kemerdekaan Indonesia dengan tentara Belanda.

Banyak hal dapat dipelajari kalau saja pemda Bekasi memberikan perhatian mengenai gedung bersejarah ini dari segi perawatan, kebersihan dan sarana prasarana pendukung.

Diringi senja dan hujan yg turun akhirnya peserta melanjutkan perjalanan bagi pulang kembali ke rumah masing-masing. DetikTravel, Jalan-Jalan Terusss!

Sampai jumpa di cerita selanjutnya!

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/29/104100/3285493/1025/piknik-dtraveler-ke-museum-amp-gedung-juang-45-bekasi-asyik
Terima kasih sudah membaca berita Piknik d’Traveler ke Museum dan Gedung Juang 45 Bekasi, Asyik!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Piknik D’Traveler Ke Museum Dan Gedung Juang 45 Bekasi, Asyik!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.