PHRI: Pariwisata Papua Barat Menakjubkan

No comment 167 views

Berikut artikel PHRI: Pariwisata Papua Barat Menakjubkan, Semoga bermanfaat

MANOKWARI, KOMPAS.com – Provinsi Papua Barat memiliki potensi pariwisata menakjubkan yg tidak kalah dengan daerah yang lain di Indonesia.

“Bagi aku potensi pariwisata di Papua Barat ini sangat wow! Kenapa demikian, karena memang kalian pontensi keindahan yg luar biasa baik darat maupun laut dan itu tak dapat ditemukan di daerah lain,” kata Sekretaris Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Papua Barat, Louis Julius di Manokwari, Rabu (13/12/2016).

Ia mengungkapkan, Papua Barat memiliki banyak potensi pariwisata selain Raja Ampat. Taman Nasional Teluk Cendrawasih (TNTC) di Kabupaten Teluk Wondama, wisata pegunungan di Kabupaten Pegunungan Arfak dan dua obyek wisata di daerah yang lain mampu menjadi alternatif kunjungan baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

(BACA: Berapa Biaya Wisata ke Raja Ampat ala “Backpacker”? Ini Perhitungannya)

Menurut Julius, Presiden Joko Widodo memberi perhatian serius pada sektor pariwisata. Pariwisata berada pada posisi ketiga terbesar sebagai penyumbang pendapatan negara.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Panorama laguna Pulau Rufas dilihat dari puncak bukit karst pada Senin (1/6/2016). Pulau Rufas terletak di Desa Pam, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Lanskap air laut jernih serta tebing batu karst dapat kelihatan dari puncak bukit.

“Penyumbang pendapatan terbesar pertama adalah sektor pertambangan, kedua perkebunan ketiga baru pariwisata,” ujarnya.

Saat ini, pemerintah sedang menggenjot pariwisata buat meningkatkan pendapatan negara melalui sektor tersebut. Menteri Pariwisata Arief Yahya aktif buat menciptakan 10 destinasi wisata baru yg setara dengan Bali.

“Kami sangat mendukung karena itu bagus buat menggerakkan sektor yang lain di daerah setempat. Melalui program pariwisata ekonomi masyarakat mulai tumbuh melalui sektor yang lain yg dikembangkan bagi mendukung pengembangan pariwisata,” katanya.

(BACA: Demi Raja Ampat, Endah Rela Naik Kapal dari Surabaya ke Sorong)

Ia memaparkan, Indonesia termasuk Papua Barat bukan cuma memiliki keindahan alam. Masyarakat negeri ini terkenal ramah dan sebagian besar memiliki kekayaan kuliner.

Julius menilai, segala kekayaan tersebut yaitu daya tarik yg cukup kuat untuk para pengunjung. Keindahan alam, keramahan masyarakat dan kekayaan kuliner yaitu modal buat memajukan daerah.

KOMPAS TV Pengalaman berenang yaitu daya tarik wisata di Raja Ampat.

Ia mengajak pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota, swasta dan pemangku kepentingan yang lain selalu bersinergi memajukan pariwisata Papua Barat.

Sektor pariwisata di daerah tersebut harus selalu dirangsang dan diberi stimulus bagi memacu kunjungan wisatawan.

“Ke depan wisatawan Indonesia tak perlu ke luar negeri. Cukup keliling Indonesia kami telah puas, karena obyek pariwisata di negeri sendiri lebih bagus. Di sisi lain, hal itu lebih bermanfaat untuk perputaran uang di dalam negeri,” katanya.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/12/15/111702427/phri.pariwisata.papua.barat.menakjubkan
Terima kasih sudah membaca berita PHRI: Pariwisata Papua Barat Menakjubkan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "PHRI: Pariwisata Papua Barat Menakjubkan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.