Petugas Kebersihan Rumah Bupati Banyuwangi Dilatih Jadi Pemandu Wisata

Berikut artikel Petugas Kebersihan Rumah Bupati Banyuwangi Dilatih Jadi Pemandu Wisata, Semoga bermanfaat

BANYUWANGI, KOMPAS.com – Petugas kebersihan di Pendopo Shaba Swagata Blambangan dilatih menjadi pemandu wisata buat menjelaskan kepada wisatawan yg berkunjung di rumah dinas Bupati Banyuwangi tersebut.

Ke-15 orang tenaga kebersihan bukan cuma sekadar dapat menjelaskan detail bangunan yg berada tepat di tengah kota Banyuwangi, tetapi mereka juga belajar etika ketika menjadi pemandu wisata.

“Ada dua etika yg kalian ajarkan seperti mereka harus mengenalkan nama, dan tak membiarkan wisatawan menghadap segera ke arah matahari. Sepertinya hal ini sepele tetapi utama agar wisatawan nyaman ketika berkunjung ke Banyuwangi,” jelas Andika, pemateri dari Himpunan Pramuwisata Indonesia yg melatih petugas kebersihan kepada KompasTravel, Minggu (8/1/2017).

(BACA: Bulan April-Mei, Siap-siap Pesta Durian Merah di Banyuwangi)

Menurut Andika, yg juga berprofesi sebagai tour guide, kunjungan wisatawan ke Banyuwangi cukup tinggi dan salah sesuatu tempat yg tidak jarang dikunjungi adalah Pendopo Shaba Swagata Blambangan yg juga menjadi rumah dinas Bupati Banyuwangi.

“Beberapa waktu terakhir Bupati Anas telah mengizinkan pendopo bagi jadi tempat wisata dan buat itu kalian menolong tenaga kebersihan di sini agar mampu jadi guide,” jelas Andika.

Setelah mendapatkan materi dasar sebagai pemandu wisata, para tenaga kebersihan mengelilingi area pendopo Banyuwangi buat praktik menjadi pemandu wisata. “Susah masih grogi kalau ngomong di depan orang banyak,” kata Eka Aprianto, salah sesuatu tenaga kebersihan kepada KompasTravel.

Hal senada juga diungkapkan oleh Endang Setyowati. Perempuan yg telah delapan tahun bekerja di pendopo Shaba Swagata Blambangan menjelaskan tak pernah terpikir buat menjadi pemandu wisata karena dia dan rekan-rekannya selama ini cuma mengurusi kebersihan di pendopo.

“Biasanya yg ngantar wisatawan masuk ke dalam pendopo rekan dari Satpol PP yg jaga di luar. Paling di dalam hanya foto-fotoan, jarang ada yg ngasih penjelasan dari pihak tournya,” jelas Endang.

Nantinya, para petugas kebersihan yg sudah dilatih mulai menjadi guide untuk wisatawan yg datang, sedangkan Satpol PP mulai fokus menjaga di pintu masuk.

“Agak grogi tetapi ya nanti juga mulai terbiasa. Paling selama ini kalau ada tamu ya cuma senyum sama menyapa. Sekarang telah dapat menjelaskan ini ruang apa fungsinya apa,” kata Endang.

Menurut Endang, ada dua tempat yg dapat ditunjukkan seperti pendopo utama, kamar tamu yg berada di dalam tanah, ruangan penting serta rumah adat Using yg berada di halaman belakang.

“Seneng banget bisa kepercayaan seperti ini temen-temen juga belajar bahasa Inggris karena banyak juga tamu bule yg datang. Nanti di depan sana, di pintu masuk tamu yg tiba mulai diberi sembong, atau kain batik buat penutup bagian bawah tubuh seperti sarung,” pungkasnya.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2017/01/09/071200627/petugas.kebersihan.rumah.bupati.banyuwangi.dilatih.jadi.pemandu.wisata
Terima kasih sudah membaca berita Petugas Kebersihan Rumah Bupati Banyuwangi Dilatih Jadi Pemandu Wisata. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Petugas Kebersihan Rumah Bupati Banyuwangi Dilatih Jadi Pemandu Wisata"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.