Pesona Pantai Tanjung Berikat Dari Puncak Mercusuar Di Bangka

Berikut artikel Pesona Pantai Tanjung Berikat dari Puncak Mercusuar di Bangka, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Nama Pantai Tanjung Berikat telah populer di kalangan traveler yg liburan ke Bangka. Panoramanya pun makin indah saat dilihat dari atas mercusuar.

Pantai yg cantik ini identik dengan hamparan pasir putih yg luas dan menjadi tempat favorit buat melihat sunrise alias matahari terbit, dan terdapat batu-batuan granit yg yaitu ciri khas dari pantai-pantai yg ada di Pulau Bangka.

Pantai Tanjung Berikat terletak di Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah. Berada di sebelah Timur Desa Batu Beriga atau sekitar 60 Km dari Kota Koba, Ibukota Kabupaten Bangka Tengah.

Pantai Tanjung Berikat ini berada di bagian paling Timur Pulau Bangka. Bisa ditempuh dengan kendaraan roda 2 atau roda 4 dan butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Koba atau sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Pangkalpinang.

Selain itu, berburu sunrise juga sangat asyik seandainya kita sedang berada di sini. Itu karena letaknya di sebelah timur Bangka. Sayangnya saat kami sedang berkunjung ke pantai ini, sunrise-nya sedang tertutup awan mendung.

Pantai indah ini juga dikelilingi dua bukit yg tidak mengurangi keindahan pantainya. Di salah sesuatu bukitnya terdapat sebuah mercusuar.

Mercusuar ini sebagai petunjuk arah untuk kapal-kapal yg melintas di sekitar Tanjung Berikat dan buat memandu para nelayan pergi melaut. Karena, mayoritas mata pencaharian penduduk Desa Beriga adalah nelayan.

Mercusuar ini juga memamerkan bahwa titik ini yaitu titik paling Timur Pulau Bangka. Jika Anda milik kesempatan buat tiba ke sini, cobalah buat naik ke Puncak Mercusuar dan lihatlah sekeliling kalian.

Amat sangat memanjakan mata melihat Desa Beriga dan Pantai Tanjung Berikat dari ketinggian. Bila ingin sekedar bermain air, cobalah buat tiba pada pagi hari atau kemping bersama teman-teman dan rasakan indahnya pantai ini di kala sunrise.

Tanjung Berikat memiliki potensi perikanan dan keindahan pantai yg menjadi lokasi wisata bahari yg mulai maju seandainya keindahan ini bisa dijaga dengan baik.

Menjaga keindahan pantai dan ekosistem terumbu karang dalam memajukan sektor wisata bahari yaitu pengembangan ekonomi di Pulau Bangka pasca penambangan timah.

Warisan terbaik yg kalian titipkan kepada generasi penerus di daerah kami yg katanya yaitu pulau lumbung timah dunia.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/03/133500/3376148/1025/pesona-pantai-tanjung-berikat-dari-puncak-mercusuar-di-bangka
Terima kasih sudah membaca berita Pesona Pantai Tanjung Berikat dari Puncak Mercusuar di Bangka. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pesona Pantai Tanjung Berikat Dari Puncak Mercusuar Di Bangka"