Pesona Pantai Lampu Di Ujung Selatan Pulau Bangka

No comment 139 views

Berikut artikel Pesona Pantai Lampu di Ujung Selatan Pulau Bangka, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Pulau Bangka tidak pernah berhenti memesona traveler dengan pantai-pantainya yg cantik. Satu lagi, merupakan Pantai Lampu bagi liburan di bagian selatan Bangka.

Ingin liburan ke pantai? Pulau Bangka d Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat menjadi salah sesuatu alternatif. Selain gampang diakses karena cuma membutuhkan 1 jam saja dari Jakarta, di pulau ini terdapat begitu pantai yg menawarkan panaroma bak surga.

Setiap sudut Pulau Bangka adalah pantai yg memiliki ciri khas tersendiri. Bahkan, di Pulau Lepar, salah sesuatu pulau kecil yg terpisah dari Pulau Bangka sebagai pulau utama, ada pantai cantik yg sayang bila tidak didatangi. Penasaran?

Sore itu, ketika sedang mengikuti sebuah acara di sebuah hotel di Pangkalpinang, ponsel dalam saku tiba-tiba berdering. Nama Pak Ibrahim, dosen ilmu politik di Universitas Bangka Belitung tertera di sana. Intinya, besok pagi-pagi sekali, beliau minta buat ditemani menyeberang ke Pulau Lepar, salah sesuatu pulau yg ada di ujung selatan Pulau Bangka.

Di pulau ini, ada 4 desa yg tergabung dalam 1 kecamatan bernama Kecataman Lepar Pongok. Ada pekerjaan yg harus dikerjakan di sana, begitu kata Pak Ibrahami. Usainya, barulah kita berencana buat mendatangi tempat wisata yg ada di pulau itu, seperti Pulau Kelapan, spot snorkeling yg sedang ramai-ramainya dikunjungi wisatawan di Pulau Bangka.

Pagi pun tiba. Dengan rasa kantuk yg belum tuntas, aku segera menuju Pelabuhan Sadai, menemui Pak Ibrahim dan kawan-kawan kerjanya yg telah menunggu. Menggunakan speed lidah (sebuatan masyarakat lokal terhadap speedboat karena bentknya mirip lidah), kalian segera meluncur menuju Desa Penutuk, desa pertama yg letaknya paling dekat dengan Pulau Bangka.

Sebagaimana namanya, moda transportasi yg sesuatu ini memang meluncur secepat kilat. Lima menit kemudian, kita pun menepi. Pak Ibrahim dan kawan-kawan kerjanya pun segera menunaikan tugas mereka dengan mendatangi dua tempat di Desa Tanjung Labu dan Desa Tanjung Sangkar, beberapa desa yang lain yg ada di Pulau Lepar.

Setelah pekerjaan penting usai, meminjam sepeda motor punya warga, aku dan Pak Ibrahim segera menuju sebuah pantai di Desa Tanjung Labu yg konon milik pemandangan tidak kalah cantik dengan pantai-pantai yg ada di daratan Pulau Bangka. Pantai ini berada tepat di ujung desa. Pantai Lampu, begitu warga setempat menyebut nama pantai ini. Mengapa dinamai Pantai Lampu?

“Dahulu di sini ada semacam tiang atau mercusuar, tetapi tidaklah tinggi, di atasnya ada lampu besar sebagai petanda bagi kapal,” jelas Sahrian, salah seorang pemuda Desa Tanjung Labu perihal nama pantai di kampungnya itu.

Sekalipun Tanjung Labu adalah sebuah desa yg terletak d sebuah pulau kecil di paling selatan Pulau Bangka, desa ini tampaknya telah ada sejak lama, termasuk soal akulturasi masyarakat lokal dengan warga etnis Tionghoa.

Hal ini dapat dilihat dari kelenteng (tempat ibadah pemeluk Konghucu) yg kalian temui di sisi jalan menuju pantai di desa ini, termasuk dua pemakaman orang Tionghoa yg kalian temui tidak jauh dari bibir pantai.

Pak Ibrahim yg aku kenal sebagai seorang peneliti itu pun kelihatan mengangguk-angguk manakala melihat pemandangan tidak terduga itu. “Ini menarik sekali,” katanya kemudian.

Sampailah kalian pada tepi Pantai Lampu. Pantai ini masih alami sekali. Setelah kalian perhatikan secara seksama, pantai ini sebetulnya berpotensi mendatangkan banyak wisawatan. Airnya yg biru lagi jernih serta pasir pantainya yg putih halus jenis terigu itu, adalah daya tarik yg mungkin saja tak dimiliki oleh pantai yang lain yg ada di Pulau Bangka.

Apabila dikelola dengan baik, aku percaya pantai ini mulai didatangi banyak orang. Tertarik? Main-mainlah ke selatan Pulau Bangka!

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/23/101600/3389152/1025/pesona-pantai-lampu-di-ujung-selatan-pulau-bangka
Terima kasih sudah membaca berita Pesona Pantai Lampu di Ujung Selatan Pulau Bangka. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pesona Pantai Lampu Di Ujung Selatan Pulau Bangka"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.