Pesona Bukit Kambe Dan Sungai Sinamar Di Tanah Datar Yang Menawan

Berikut artikel Pesona Bukit Kambe dan Sungai Sinamar di Tanah Datar yang Menawan, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Di Kabupaten Tanah Datar, Sumbar ada pesona wisata yg tidak boleh dilupakan. Ada Bukit Kambe dan Sungai Sinamar yg penampakan cantiknya mirip Ngarai Sianok.

Tak sepenuhnya alam raya Tanah Datar berhasil diekspos oleh traveler. Buktinya, tidak banyak publik mengetahui seandainya ada sebuah lokasi di sudut Luhak Nan Tigo ini milik potensi pemandangan alam nan amat memikat.

Tepatnya di Jorong Pamasihan, Kenagarian Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara, ada sebuah tempat cantik bergaya mirip dengan Tabiang Takuruang di Ngarai Sianok Bukittinggi lengkap dengan sungai mengalir di bawahnya, plus alam yg relatif masih asri.

Bedanya, seandainya di Ngarai Sianok mengalir sungai yg relatif berukuran kecil, di Pamasihan mengalir sungai Batang Sinamar yg tentunya lebih besar sehingga kesannya sedikit agak lebih liar.

“Memang agak mirip dengan yg di Ngarai Sianok, namanya Bukit Kambe, sayang kurang terekspos,” ujar salah seorang warga sekitar, Syafii.

Di tempat ini, kata Syafii, selain dapat melihat pemandangan bukit yg mirip dengan Tabiang Takuruang Sianok, traveler pun mampu coba memancing ikan khas Sinamar yg telah terkenal kelezatannya.

“Ikan di sini besar-besar, cocok untuk yg suka memancing,” lanjut Syafii.

Sayangnya, kendati milik potensi wisata berupa alam yg memikat, rupanya tidak menarik minat pejabat publik Tanah Datar bagi dikembangkan menjadi objek wisata alam.

“Secara geografis, tempat ini amat terpencil. Sinyal handphone saja susah. Akses sangat sulit,” pungkas Syafii.

Untuk menuju lokasi, memang amat sulit. Letaknya lebih kurang 10 KM dari Jalan Raya yg menghubungkan Lintau – Payakumbuh. Tikungan terjal dan turunan ekstrem mulai menghiasi perjalanan.

Akses amat buruk, jalanannya masih berbatu dan hampir mustahil bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat sehingga dianjurkan bagi memakai roda dua.

Sayangnya, kendati pemandangan di Bukit Kambe cukup dan asri, pemandangan di sepanjang perjalanan cukup membuat batin tercekat. Hal itu disebabkan kalian mulai melalui dua titik lokasi pertambangan batu maupun hutan yg gundul akibat illegal logging.

“Ya, lalu ada banyak PT yg mengeksplorasi alam. Saat PT tersebut beroperasi, jalanan relatif baik. Saat berhenti, akses amat buruk dan alam pun sudah rusak,” sahut Syafii.

Kendati demikian, Syafii menyampaikan alam Bukit Kambe masih relatif asri sehingga berpotensi sebagai kawasan agrowisata.

“Jelas ini berpotensi, Pemkab Tanah Datar harus memperhatikan potensi ini,” harap Syafii.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/04/102700/3329406/1025/pesona-bukit-kambe-amp-sungai-sinamar-di-tanah-datar-yang-menawan
Terima kasih sudah membaca berita Pesona Bukit Kambe dan Sungai Sinamar di Tanah Datar yang Menawan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pesona Bukit Kambe Dan Sungai Sinamar Di Tanah Datar Yang Menawan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.