Pertunjukan Devdan Show Yang Mesti Kamu Tonton Di Bali

No comment 154 views

Berikut artikel Pertunjukan Devdan Show yang Mesti Kamu Tonton di Bali, Semoga bermanfaat

Nusa Dua – Kalau mau liburan Natal dan Tahun Baru di Bali, ada destinasi dengan acara seru. Inilah Devdan Show yg mulai membuka mata kamu, betapa hebatnya Indonesia.

Devdan Show: Trasure of Archipelago adalah pertunjukan teater yg digelar Bali Nusa Dua Theatre sejak tahun 2011. Pertunjukan ini menampilkan sendratari tradisional dipadu dengan koreografi tari modern dari Bali, Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Papua.

detikTravel menonton pertunjukan apik ini, Senin (19/12/2016) malam dalam rangkaian acara Google Search #SelaluTauYangSeru. Lewat aplikasi Google App, traveler mampu bertanya soal Devdan Show ini lewat OK Google. Perintah pencarian tinggal diucapkan dan Google mulai merekam suara dan menampilkan keterangan Devdan Show.

“Devdan adalah gabungan beberapa kata, Deva Dhana yg artinya berkah Tuhan. Kekayaan budaya kami adalah berkah Tuhan bagi masyarakat Indonesia,” kata General Manager Bali Nusa Dua Theatre, Handari Himawan.

Tari Kecak dengan efek api (Fitraya/detikTravel)Tari Kecak dengan efek api (Fitraya/detikTravel)

Seluruh penonton pun masuk ke dalam ruang teater yg besar. Tak lama, pentas pun dimulai. Kisahnya tentang beberapa turis anak-anak yg menemukan peti harta karun berisi benda-benda yg mewakili kebudayaan Indonesia. Satu benda menandai sesuatu babak cerita di dalam pertunjukan ini.

Benda pertama adalah Udeng, ikat kepala Bali. Tampil kemudian di panggung adalah Tari Lesung, arak-arakan Dewi Uma, ritual Odalan dan Tari Kecak. Saat Tari Kecak, ada efek api yg keluar dan mendramatisir suasana. Keren!

Babak kedua ditandai dengan tenun Songket Sumatera. Panggung pun nuansanya berubah menjadi tanah Minang menampilkan perangkat tenun songket dan Tari Hujan dengan tirai air sungguhan yg turun dari langit-langit ke kolam panjang di depan panggung. Ada juga aksi akrobatik bersalto melompati bendera yg dikibaskan, atraksi pecut dan tentunya Tari Saman khas Aceh yg begitu kompak.

Tari Saman khas Aceh yg memukau (Fitraya/detikTravel)Tari Saman khas Aceh yg memukau (Fitraya/detikTravel)

Oh iya, ada juga tarian aerial di mana ada penari yg beraksi dengan tali yg digantung dari langit-langit yg tinggi. Penonton pun sukses menahan nafas dibuatnya.

Babak selanjutnya adalah Jawa ditandai dengan harta karun berupa keris. Di panggung tampil rumah Joglo dengan Tari Prajurit dan Tari Bedhaya khas keraton. Tari prajurit ini juga memiliki aksi sulap menusuk perut yg diberikan tepuk tangan penonton. Ada juga tarian dipadu dengan pertunjukan wayang kulit, kemudian tari hip hop yg mewakili tarian anak muda yg kekinian.

Memasuki babak keempat adalah Kalimantan yg ditandai dengan terompet kerang. Aksi dimulai dengan sandiwara komedi para aktor berkostum monyet yg lucu. Monyet-monyet ini berkeliaran sampai ke bangku-bangku penonton.

Tari Air yg eksotis (Fitraya/detikTravel)Tari Air yg eksotis (Fitraya/detikTravel)

Bagian depan panggung yg yaitu kolam panjang dipakai bagi Tari Air yg menawan dengan nuansa panggung khas Dayak berupa tirai-tirai akar pohon. Ada beberapa aksi aerial dengan jaring dan duet tarian aerial yg romantis. Tari Dayak juga tampil interaktif dengan penari yg menghampiri tempat duduk dan mengajak dua penonton ikut menari.

Babak penutup adalah koteka menandai Papua. Rumah Honai menghias panggung diikuti dengan tarian papua yg enerjik dan aksi perkusi dengan Tifa khas Papua. Pertunjukan ditutup dengan aksi tarian api yg mendebarkan!

“Bedanya dengan pertunjukan sejenis di luar negeri adalah, kita memadukan tarian dengan aksi akrobatik dan tampil dengan perpaduan budaya yg begitu kaya dari Indonesia. Kalau menonton ini dijamin kamu semakin cinta dengan Indonesia,” kata Handari.

Tari Dayak mengajak penonton menari bersama (Fitraya/detikTravel)Tari Dayak mengajak penonton menari bersama (Fitraya/detikTravel)

Tepat sekali! Devdan Show membuka mata penonton betapa Indonesia itu kaya dengan budaya. Tidak perlu repot menciptakan tarian-tarian baru. Tarian yg ada dari Sumatera sampai Papua dapat dipadukan menjadi sebuah pertunjukan yg spektakuler.

Indonesia adalah harta karun, buat traveler yg ingin mengetahuinya. Devdan Show dapat ditonton di Bali Nusa Dua Theater 4 kali seminggu merupakan Senin, Rabu, Jumat, Sabtu. Harga tiketnya Rp 300.000-1.000.000 bergantung posisi duduknya. (fay/krn)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/20/074225/3375626/1519/pertunjukan-devdan-show-yang-mesti-kamu-tonton-di-bali
Terima kasih sudah membaca berita Pertunjukan Devdan Show yang Mesti Kamu Tonton di Bali. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Pertunjukan Devdan Show Yang Mesti Kamu Tonton Di Bali"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.