Perlu Ratusan Tahun Untuk Kembalikan Kondisi Karang Raja Ampat Yang Rusak

Berikut artikel Perlu Ratusan Tahun untuk Kembalikan Kondisi Karang Raja Ampat yang Rusak, Semoga bermanfaat

ALOR, KOMPAS.com – Kapal pesiar yang berasal Inggris, Caledonian Sky belakangan banyak disorot karena insiden menerabas terumbu karang di perairan dangkal Raja Ampat, Papua Barat 4 Maret 2017 yg lalu.

Akibat insiden tersebut, luas wilayah Raja Ampat yg mengalami kerusakan mencapai 22.060 meter persegi. Luas wilayah tersebut berdasarkan perhitungan tim yg terdiri dari KLHK, KKP, dan Kemenko Maritim, dihitung dari titik awal kapal kandas hingga titik terakhir kapal meninggalkan kawasan konservasi.

(BACA JUGA: Pemerintah Sepakati Luas Wilayah Survei Kerusakan Terumbu Karang di Raja Ampat)

“Terumbu karang itu termasuk hewan purba. Agar dapat pulih seperti kondisi semula, butuh waktu sekitar ratusan tahun,” kata Site Coordinator WWF Indonesia Seram Seas, Tutus Wijanarko ketika ditemui di sela-sela media trip Alor bersama WWF Indonesia, di Alor, NTT, Rabu (22/3/2017).

Sementara itu Marine and Fisheries Campaign Coordinator WWF Indonesia, Dwi Aryo Tjiptohandono, menambahkan sebenarnya ada cara-cara tertentu yg bisa mempercepat pertumbuhan karang, tapi tetap butuh waktu yg tidak instan.

Dalam sesuatu tahun, lanjutnya, karang cuma bisa tumbuh sesuatu sentimeter. Lalu berapa kisaran harga ganti rugi kerusakan akibat insiden kapal pesiar yang berasal Inggris di perairan Raja Ampat tersebut?

“Ada dua metode bagi menghitung dampak kerusakan, tapi itu sangat kompleks,” kata Tutus.

(BACA JUGA: Terumbu Karang Rusak, Kemenpar Tetap Promosikan Raja Ampat)

Ia menyampaikan perhitungan ganti rugi kerusakan terumbu karang di Raja Ampat menjadi kompleks karena dampak yg ditimbulkan bukan cuma kerusakan karang semata. Ada pula dampak ekosistem laut yg hidup di sekitar karang dan kehidupan masyarakat yg bergantung pada sektor pariwisata.

Insiden kapal tersebut terjadi di kawasan Selat Dampier, Raja Ampat. Kawasan ini masuk dalam zona inti Kawasan Konservasi Perairan Daerah Selat Dampier.

Selain memiliki keragaman koral tinggi, kawasan ini menjadi tempat beragam macam ikan komersial dan menjadi area ketahanan pangan buat Raja Ampat dan sekitarnya. Ada sekitar 50 titik selam ikonik di Selat Dampier, antara yang lain Blue Mangrove, Eagle Rock, Manta Point, dan Cape Kri.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2017/03/24/070500927/perlu.ratusan.tahun.untuk.kembalikan.kondisi.karang.raja.ampat.yang.rusak
Terima kasih sudah membaca berita Perlu Ratusan Tahun untuk Kembalikan Kondisi Karang Raja Ampat yang Rusak. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Perlu Ratusan Tahun Untuk Kembalikan Kondisi Karang Raja Ampat Yang Rusak"