Perjuangan Berlibur Ke Pantai Pink Lombok

No comment 141 views

Berikut artikel Perjuangan Berlibur ke Pantai Pink Lombok, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Pantai Tangsi di Lombok, NTB ini istimewa. Lihatlah pasir pantainya yg berwarna pink. Oh sungguh, cantik sekali!

Ada sesuatu pantai di Lombok yg dinamai dengan Pantai Pink yg nama aslinya Pantai Tangsi. Karena sampai ketika ini belum kesampaian ke Pantai Pink yg terkenal di Pulau Komodo, apa salahnya berkunjung ke sana.

Pantai ini tampaknya belum cukup terkenal, karena jarang sekali travel agent yg menawarkan paket ke wisata ini. Justru itulah yg membuat aku semakin penasaran dan pengen pergi ke sana. Tapi dari hasil penelusuran ke Google ternyata selain jaraknya yg jauh, akses jalan menuju sana masih rusak. Sehingga banyak wisatawan atau travel agent yg enggan ke sana.

Salah sesuatu yg bikin aku penasaran dengan pantai ini adalah karena ada kata ‘pink’ yg terselip setelah kata pantai. Apa benar ada pasir yg warnanya pink? Biasanya pasir berwarna putih, coklat atau bahkan kehitaman. Karena terkadang dua wisata, menjual nama yg berlebihan agar menarik minat pengunjung yg pada kenyataannya tak sesuai dengan harapan. Saya coba bagi tak menaruh ekspektasi tinggi terhadap kata ‘pink’. Apalagi keterangan yg aku peroleh mengenai pantai ini masih sangat minim.

Berbekal Aplikasi Google Maps aku berangkat dari kota Mataram menuju Pantai Pink memakai motor sewaan. Sebenarnya di Google Maps sendiri ada beberapa lokasi pantai pink. Sempat bertanya ke petugas hotel namun mereka sendiri belum pernah ke sana, jadi semuanya dipasrahkan dengan modal nekat dan yakin kepada Tuhan YME (agak lebay).

Perjalanan ke Pantai Pink memakan waktu hampir 2 jam (cukup menguras tenaga dan bahan bakar). Untuk petunjuk jalan telah tersedia (terutama di wilayah yg telah akan sepi rumah penduduk). Dan yg paling tak menyenangkan adalah jalan rusaknya saat telah dekat dengan lokasi Pantai Pink (Mungkin sekitar kurang lebih 2 km) . Yang ada dibayangan aku hanyalah, bagaimana seandainya ban motor pecah atau motor mogok? Karena tenggok kiri tenggok kanan jarang sekali ditemui rumah warga.

Begitu datang di lokasi segala lelah segera sinar. Pantai cantik dengan air laut yg bersih rasanya segera pengen nyebur. Tapi tunggu dulu! dimana sih ‘pinky’ itu?. Perlu pengamatan dan penelusuran dengan seksama buat yg sesuatu ini. Setelah dilihat kembali, warna pink itu ada dan terpampang nyata. Warna itu kelihatan saat pasir terkena ombak laut.

Gradasi warna pink pada pasir dapat terlihat. Setelah diamati secara dekat ternyata ada butiran butiran pasir warna pink yg tercampur dengan pasri putih. Hal itu yg membuat pasirnya kelihatan berwarna pink. Warna pink ini mulai tak dapat kelihatan seandainya matahari terlalu terik. Jadi kalau ada foto di internet yg menunjukkan warna pink yg sangat jelas itu berarti fotonya hasil editan.

Di Pantai ini selain mampu menemukan pasir pink, Kita juga dapat snorkeling loh. Snorkeling di dekat tepian pantai dapat atau seandainya ingin spot snorkeling yg agak jauh juga bisa. Banyak yg menawarkan jasa penyewaan perahu bagi menuju spot snorkeling. Semua harga dipatok sewa per perahu (bisa sampai 10 orang/perahu) jadinya agak sedikit berat buat wisatawan yg tiba dengan jumlah sedikit seperti saya.

Itu pun belum termasuk biaya sewa alat snorkeling. Kita mulai dibawa ke beberapa spot snorkeling plus bonus ke Pantai Pink 2 (pantai pink ini yg membuat di Google Maps terdapat beberapa tag pantai pink). Menurut aku wajib banget lah bagi snorkeling di sini. Ikannya beraneka ragam dan karangnya juga warna warni. Selesai snorkeling kalian mampu santai-santai di Pantai Pink 2 yg sepi. Pokoknya asyik banget lah.

Jadi walau tempatnya yg jauh dan medan yg sulit semuanya sangat memuaskan. Salah sesuatu lokasi pantai yg paling oke yg pernah aku kunjungi. Memang buat menuju pantai ini pastinya mulai menghabiskan waktu seharian. Mungkin hal ini yg menyebabkan banyak wisatawan dengan waktu terbatas enggan menuju ke sini. Tapi untuk kamu yg milik waktu cukup dan tentunya suka pantai jangan sampai tempat ini terlewatkan saat kamu ke Lombok.

Tips :
1. Sebaikknya tak pulang saat gelap karena jalannya yg sepi agak rawan kejahatan. Berangkatlah lebih pagi
2. Harga sewa perahu Rp 350 ribu, sewa alat snorkeling Rp 25 ribu
3. Di Pantai ini terdapat warung. Harganya masih sesuai kantong lah. Jadi tak perlu takut kelaparan. Tapi untuk jaga-jaga sebaiknya bawahlah cemilan dan minuman.
4. Untuk kamar mandi / wc tersedia tetapi dengan konsep seadanya. Jangan berekspetasi terlalu tinggi.

NB : Perjalanan dikerjakan pada Januari 2017

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/13/113600/3418943/1025/perjuangan-berlibur-ke-pantai-pink-lombok
Terima kasih sudah membaca berita Perjuangan Berlibur ke Pantai Pink Lombok. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Perjuangan Berlibur Ke Pantai Pink Lombok"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.