Penyelaman Di Bangkai Kapal Mawali

No comment 95 views

Berikut artikel Penyelaman di Bangkai Kapal Mawali, Semoga bermanfaat

BANGKAI kapal itu terdampar di kedalaman 18 hingga 32 meter di dasar laut perairan Selat Lembeh. Ukurannya besar dan bagian luarnya sudah ditumbuhi terumbu karang.

Saya turun bertiga dengan rekan penyelam Fanny Rompas dan Aldi Pengan, dengan keadaan cukup beruntung. Penyelam yg hendak menyelam di bangkai kapal Mawali kerap diperingati kadang terjadi arus bawah di lokasi tersebut.

Namun, dengan menghitung slack tide time pada jeda waktu pergantian pasang surut, kita bisa turun dalam keadaan arus tenang.

KOMPAS/LASTI KURNIA Terumbu karang tampak menutupi sejumlah besar bagian luar kapal Mawali yg terdampar di dasar laut perairan Selat Lembeh.

Tetapi, karena jarak pandang di lokasi tersebut cukup pendek, merupakan sekitar 8-10 meter saja, tubuh kapal Mawali yg tenggelam dalam posisi miring dan diperkirakan sepanjang 60 meter tak bisa dilihat secara keseluruhan.

Mawali diduga eks kapal Jepang pada era Perang Dunia II. Nama asli kapal ini tak diketahui dan belum ditemui catatan tertulis tentang sejarah dan bagaimana kapal ini tenggelam.

Diberi nama Mawali karena posisi tenggelam kapal ini berada di dekat Kampung Mawali di Bitung. Konon, menurut warga kampung Mawali, kapal ini ditenggelamkan sendiri oleh tentara Jepang agar tak digunakan oleh sekutu.

KOMPAS/LASTI KURNIA Penyelam di dalam bagian kapal Mawali yg terdampar di dasar laut perairan Selat Lembeh. Sejumlah ruang yg bisa dimasuki cukup aman bagi dijelajahi.

Lokasi kapal karam di Mawali adalah 1 dari 10 lokasi kapal karam yg mulai ditetapkan sebagai kawasan konservasi maritim oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Hal ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Kelautan, di mana sejumlah lokasi kapal karam di perairan Indonesia mulai dikembangkan menjadi destinasi wisata kapal karam.

Destinasi wisata kapal karam memberi alternatif buat aktivitas penyelaman minat khusus, merupakan penyelaman kapal karam (wreck dive), sekaligus menyaksikan jejak sejarah masa lampau.

KOMPAS/LASTI KURNIA Baling-baling kapal Mawali di buritan. Kapal Mawali terdampar di dasar laut perairan Selat Lembeh.

Namun, perlu diperhatikan macam penyelaman, seperti di bangkai kapal Mawali, sebaiknya diperuntukkan buat penyelam level lanjutan (advance), terutama apabila hendak melakukan aktivitas penetrasi atau mengeksplorasi bagian dalam kapal. (Lasti Kurnia)
Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/26/203200727/Penyelaman.di.Bangkai.Kapal.Mawali
Terima kasih sudah membaca berita Penyelaman di Bangkai Kapal Mawali. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Penyelaman Di Bangkai Kapal Mawali"